Hikmah

Kapan Waktu Mandi Sebelum Sholat Jumat? Berikut Tata Cara, Niat & Keutamaan

Kastolani ยท Jumat, 28 Januari 2022 - 07:00:00 WIB
Kapan Waktu Mandi Sebelum Sholat Jumat? Berikut Tata Cara, Niat & Keutamaan
Kapan waktu mandi sebelum sholat Jumat beserta niat dan tata caranya. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Hari jumat merupakan hari raya setiap pekan bagi umat Islam. Muslim juga disunnahkan melaksanakan mandi sebelum berangkat ke masjid. Lalu kapan waktu mandi sebelum sholat Jumat yang baik dan utama?

Ustaz Syafri M Noor Lc dalam bukunya Hukum Fiqh seputar Hari Jumat menjelaskan, para ulama sepakat bahwa ketika mandi jumat dikerjakan setelah mengerjakan sholat jumat, maka ia tidak mendapatkan keutamaan pada hari itu. 

Namun apabila mandinya dilakukan sebelum menunaikan shalat jumat, maka secara garis besarnya, ada tiga pendapat mengenai awal kebolehan untuk memulai mandi jumat.

Berikut 3 waktu kapan mandi sebelum sholat Jumat yang dianjurkan:

1. Setelah Terbit Fajar Shadiq

Mayoritas ulama dari berbagai madzhab menyatakan bahwa kebolehan mandi besar untuk mendapatkan pahala sunnahnya adalah dimulai dari setelah terbitnya fajar shadiq pada hari Jumat itu.

Secara mudahnya, fajar shadiq adalah awal masuknya waktu shalat subuh, yang mana keadaan langit sudah mulai agak terang di ufuk secara merata. 

Jadi, misalkan mandi jumatnya dilakukan setelah menunaikan shalat subuh, lalu ia pergi ke kantor atau sekolah atau tempat lainnya, maka perbuatannya tersebut sudah dianggap mendapatkan keutamaan.

Imam nawawi menjelaskan dalam kitabnya Minhaju At-Thalibin: "Dan waktu mandinya adalah setelah terbit fajar, dan mandi mendekati keberangkatannya menuju masjid itu lebih baik, jika tidak mampu (untuk mandi), maka dalam pendapat yang paling benar adalah hendaknya bertayammum.

2. Boleh Sebelum Fajar Shadiq

Dinukil dari kitab Al-Mughni, bahwa Imam AlAuza’I (w. 157 H) menyatakan pendapatnya bahwa mandi jumat yang dilaksakan sebelum terbit fajar itu dibolehkan.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: