Hikmah

Khutbah Jumat tentang Harta Tahta dan Wanita

Kastolani · Kamis, 25 November 2021 - 19:48:00 WIB
Khutbah Jumat tentang Harta Tahta dan Wanita
Khutbah Jumat tentang harta tahta dan wanita yang merupakan perhiasan dunia. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Khutbah Jumat kali ini membahas tentang harta tahta dan wanita. Ketiga faktor tersebut memang kerap membuat orang terlena, bahkan rela mengorbankan segalanya dengan beragam cara.

Dalam Islam, harta, tahta dan wanita adalah perhiasan kehidupan dunia. Karenanya, banyak orang yang tergiur dan berlomba-lomba meraihnya. Ada yang mendapatkan harta tahta dan wanita dengan cara yang halal dan baik, namun tidak sedikit yang mencarinya dengan cara yang haram.

Berikut teks khutbah Jumat tentang Harta Tahta dan Wanita:

اَلْحَمْدُ للهِ الْمَوْجُوْدِ أَزَلًا وَأَبَدًا بِلَا مَكَانٍ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ الْأَتَمَّانِ الْأَكْمَلَانِ، عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ، أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ.

أَمَّا بَعْدُ، فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْقَدِيْرِ الْقَائِلِ فِيْ مُحْكَمِ كِتَابِهِ

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالأنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ}

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Dari atas mimbar khatib berwasiat kepada kita semua, terutama kepada diri khatib pribadi, untuk senantiasa berusaha meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan cara melaksanakan semua kewajiban dan menjauhkan diri dari seluruh yang diharamkan.

Kaum Muslimin rahimakumullah,

Dalam kesempatan khutbah pada siang hari ini, khatib akan menyampaikan khutbah dengan tema: “Harta Tahta dan Wanita".
Allah SWT berfirman dalam Surat Al Kahfi ayat 46:

{الْمَالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا}

Artinya: Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia. (Al-Kahfi: 46)

Dalam ayat tersebut, Allah SWT menjelaskan bahwa yang menjadi kebanggaan manusia di dunia ini adalah harta benda dan anak-anak, karena manusia sangat mem-perhatikan keduanya. 

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: