Hikmah

Manfaat Membaca Surat Al Waqiah 3x, 7x, 41x, Kekayaan Berlimpah Berkah hingga Jadi Dermawan

Kastolani · Jumat, 14 Januari 2022 - 18:44:00 WIB
Manfaat Membaca Surat Al Waqiah 3x, 7x, 41x, Kekayaan Berlimpah Berkah hingga Jadi Dermawan
Waktu yang tepat membaca Surat Al Waqiah yakni pada tiap malam hari dan sholat subuh. Manfaat membaca Surat Al Waqiah yakni dimudahkan rezekinya.(Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Membaca Surat Al Waqiah 3x, 7x, 41x merupakan salah satu riyadhah atau metode dalam melakukan amalan spiritual untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui wasilah Al quran yakni Surat Al Waqiah.

Manfaat dari membaca Surat Al Waqiah tersebut diyakini akan mendatangkan balasan berupa kekayaan berlimpah berkah dan hati yang dermawan. Membaca Surat Al Waqiah ini dianjurkan dibaca tiap hari sebanyak 3x, 7x, maupun 41x, bahkan ada yang mengamalkannya hingga 125x.

Pengasuh Pondok Pesantren Annur 1 Bululawang Malang, Dr KH Ahmad Fahrur Rozi dalam artikelnya Keutamaan Surat Al Waqiah Doa Gampang Rezeki dan Cara Riyadhah menjelaskan, wirid membaca Al-Quran surat Al Waqiah secara rutin merupakan suatu kebiasaan para ulama terdahulu. Seperti apa yang disampaikan Imam Al-Ghazali dalam Fath Al-Qadir:

ﻭﻗﺎﻝ اﻟﻐﺰاﻟﻲ: ﻳﻌﺘﺎﺩ ﺃﻭﻟﻴﺎﺅﻧﺎ ﻣﻦ ﻗﺮاءﺓ ﺳﻮﺭﺓ اﻟﻮاﻗﻌﺔ ﻓﻲ ﺃﻳﺎﻡ اﻟﻌﺴﺮﺓ

“Wali-wali kita membiasakan membaca surat Waqiah di hari-hari yang sulit” (Fath Qadir, 6/201).

Wakil Ketua PWNU Jawa Timur itu menyebutkan, ada berbagai cara yang diajarkan ulama dalam riyadlah mewiridkan surat Waqiah. 

Di antara yang pernah diijazahkan almarhum Abuya KH Burhanuddin Hamid adalah dengan cara berpuasa tujuh hari dimulai pada hari Jumat dan memulai wiridnya sejak bakda maghrib malam Jumat, Surat Al Waqiah dibaca sebanyak 25 x setiap bakda shalat fardlu, hingga pada malam terakhir atau malam Jumat depannya dibaca lagi setelah maghrib sebanyak 125 x ditambah shalawat 1.000 kali dan doa khusus surat Waqiah.

"Riyadhah ini telah lama diamalkan para santri di Pesantren Annur 1 Bululawang Malang semenjak zaman Buya Burhanuddin Hamid," tulisnya dikutip iNews.id dari laman santrinews, Jumat (14/1/2022). 

Almarhum Abuya KH Burhanudiin Hamid sering menganjurkan santri dan alumninya agar memperbanyak membaca Surat Al Waqiah mengikuti ajaran Rasulullah Muhammad SAW dalam sebuah Hadits:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْواقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا

“Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya” (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir).

Dalam riwayat yang lain, sahabat Ibnu Mas’ud pernah menolak pemberian uang dari Sayyidina Utsman meski dibujuk agar mau menerimanya untuk diberikan kepada anak anaknya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: