Hikmah

5 Mukjizat Nabi Ibrahim yang Menakjubkan, Tubuh Tidak Terbakar Api hingga Ka'bah

Kastolani · Kamis, 17 Juni 2021 - 15:25:00 WIB
5 Mukjizat Nabi Ibrahim yang Menakjubkan, Tubuh Tidak Terbakar Api hingga Ka'bah
Ka'bah merupakan kiblat umat Islam saat menjalankan sholat. Ka'bah dibangun Nabi Ibrahim as bersama putranya Nabi Ismail as. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Mukjizat Nabi Ibrahim Alaihisalam (AS) yang paling menakjubkan yakni tubuhnya tidak terbakar saat dibakar Raja Namrud dalam kobaran api selama 40 hari.

Nabi Ibrahim as hidup pada masa Raja Namrud yang terkenal kejam dan mengaku dirinya tuhan. Raja Namrud yang menguasai Babilonia Kuno yang kini disebut Irak bersama rakyatnya kala itu menyembah patung.

Di masa itu, semua bayi laki-laki harus dibunuh. Ibunda Ibrahim, Amilah kemudian memasukan Ibrahim kecil ke sebuah gua agar tidak dibunuh para pengawal raja.

Namun, atas seizin Allah SWT, Ibrahim kecil tidak kelaparan dan kehausan karena ibunya selalu bisa menyusui dan memberinya makan hingga dewasa. Itu semua merupakan salah satu mukjizat Nabi Ibrahim.

Dalam Tafsir Ibnu Katsir, dikisahkan dalam Alquran, Surat Al Anbiya ayat 51, bahwa Allah telah menganugerahkan hidayah kebenaran kepada Ibrahim sejak kecil. Ini juga salah satu mukjizat Nabi Ibrahim as yang menakjubkan.

وَلَقَدْ اٰتَيْنَآ اِبْرٰهِيْمَ رُشْدَهٗ مِنْ قَبْلُ وَكُنَّا بِهٖ عٰلِمِيْنَ

"Dan sesungguhnya telah Kami anugerahkan kepada Ibrahim hidayah kebenaran sebelum (Musa dan Harun), dan adalah Kami mengetahui (keadaannya".

Berikut mukjizat Nabi Ibrahim as dalam Al Qur'an:

1. Tubuh Tidak Mempan Dibakar Api

Mukjizat Nabi Ibrahim as yang paling menakjubkan yakni tubuhnya tidak terbakar sedikit pun ketika dimasukkan ke api.

Nabi Ibrahim as ditangkap Raja Namrud karena telah menghancurkan patung-patung sesembahan yang telah dianggapnya sebagai Tuhan mereka.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda