Mukjizat Nabi Ishaq, Cikal Bakal Bani Israil

Inas Rifqia Lainufar · Jumat, 03 Juni 2022 - 20:06:00 WIB
Mukjizat Nabi Ishaq, Cikal Bakal Bani Israil
Mukjizat Nabi Ishaq (Foto: Youtue CIVILIZATION TV)

JAKARTA, iNews.id - Mukjizat Nabi Ishaq berikut merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah SWT yang patut kita yakini. Mukjizat merupakan kejadian luar biasa yang tidak bisa dijangkau dengan akal manusia.

Setiap nabi dan rasul akan mendapatkan mukjizat dari Allah SWT dengan tujuan untuk menguatkan dakwah atau seruan terhadap umat manusia yang menentangnya. Begitu pula yang terjadi pada Nabi Ishaq AS.

Adapun mukjizat yang dimiliki Nabi Ishaq adalah sebagai berikut.

Mukjizat Nabi Ishaq

1. Lahir saat ibunya berusia 90 tahun

Nabi Ishaq merupakan anak dari Nabi Ibrahim AS dengan sang istri, Sarah. Kelahiran Nabi Ishaq ini merupakan mukjizat dari Allah SWT karena ibunya sudah berusia 90 tahun saat dirinya lahir.

Tak hanya itu, Sarah juga disebut-sebut mandul sehingga memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk dapat melahirkan seorang anak.
Namun kuasa Allah SWT berkehendak lain, Nabi Ishaq pun terlahir sebagai jawaban atas permintaan Nabi Ibrahim di usianya dan sang istri yang tak lagi muda.

Kelahiran Nabi Ishaq ini bahkan tercatat dalam kitab suci Al-Qur’an yang berbunyi, "dan sesungguhnya utusan-utusan Kami (malaikat-malaikat) telah datang kepada Ibrahim dengan membawa kabar gembira, mereka mengucapkan:"Selamat". Ibrahim menjawab:"Selamatlah," maka tidak lama kemudian Ibrahim menyuguhkan daging anak sapi yang dipanggang.” (QS. Hud: 69).

2. Memiliki anak di usia 100 tahun

Kejadian serupa yang dialami Nabi Ibrahim dan  Sarah juga menimpa Nabi Ishaq dan sang istri, Rafqah. Bertahun-tahun menikah, keduanya tak kunjung dikaruniai seorang anak.

Rafqah disebut-sebut tak bisa memiliki keturunan karena beliau mengalami kemandulan.Namun dengan mukjizat Allah SWT, Nabi Ishaq dan sang istri akhirnya dikaruniai anak kembar, Ya’qub dan Ishuu di usianya yang menginjak 100 tahun.

Beberapa riwayat mengatakan saat itu Nabi Ishaq sudah berusia 120 tahun.

وَوَهَبْنَا لَهُۥٓ إِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ نَافِلَةً ۖ وَكُلًّا جَعَلْنَا صَٰلِحِينَ

Artinya: " Dan Kami telah memberikan kepada-nya (Ibrahim) lshak dan Ya'qub, sebagai suatu anugerah (daripada Kami). Dan masing-masingnya Kami jadikan orang-orang yang saleh." (Q.S Al-Anbiya: 72).

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda