Hikmah

25 Nama-Nama Nabi dalam Al Quran, Sifat serta Mukjizatnya yang Wajib Diimani

Kastolani · Jumat, 10 September 2021 - 16:00:00 WIB
25 Nama-Nama Nabi dalam Al Quran, Sifat serta Mukjizatnya yang Wajib Diimani
25 Nama-nama nabi beserta sifat dan mukjizatnya dalam Al quran yang wajib diimani. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Nama-nama Nabi yang diutus oleh Allah SWT kepada manusia di bumi yang wajib diimani ada 25 orang. Mereka diutus oleh Allah SWT untuk menyeru dan mengajak manusia beriman kepada-Nya.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran:

{وَرُسُلا قَدْ قَصَصْنَاهُمْ عَلَيْكَ مِنْ قَبْلُ وَرُسُلا لَمْ نَقْصُصْهُمْ عَلَيْكَ}

Dan (Kami telah mengutus) rasul-rasul yang sungguh telah Ka­mi kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu. (An-Nisa: 164).

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan sebelum ayat itu dalam surat-surat Makkiyah dan lain-lainnya sejumlah nabi yang cukup banyak dan tidak disebutkan di dalam Al Quran.

Berikut ini adalah nama para nabi yang disebut oleh Allah SWT di dalam Al Quran, yaitu: 1. Nabi Adam, 2. Nabi Idris, 3. Nabi Nuh, 4. Nabi Hud, 5. Nabi Saleh, 6. Nabi Ibrahim, 7. Nabi Lut, 8. Nabi Ismail, 9. Nabi Ishaq, 10. Nabi Ya'qub.

Selain itu, 11. Nabi Yusuf, 12. Nabi Ayyub, 13. Nabi Syu'aib, 14. Nabi Musa, 15. Nabi Harun, 16. Nabi Yunus, 17. Nabi Daud, 18. Nabi Sulaiman, 19. Nabi Dzulkifli, 20. Nabi Ilyas, 21. Nabi Ilyasa', 22. Nabi Zakaria, 23. Nabi Yahya,  24. Nabi Isa, dan 25. Nabi Muhammad SAW, penghulu dan penutup para nabi.

Jumlah nabi yang diutus oleh Allah sebenarnya cukup banyak mencapai 124.000 orang. Hal ini sesuai hadits Nabi SAW:

عَنْ أَبِي أُمَامة قَالَ: قُلْتُ: يَا نَبِيَّ اللَّهِ، كَمِ الْأَنْبِيَاءُ؟ قَالَ: "مِائَةُ أَلْفٍ وَأَرْبَعَةٌ وَعِشْرُونَ أَلْفًا، مِنْ ذَلِكَ ثَلَاثُمِائَةٍ وَخَمْسَةَ عَشَرَ جَمًّا غَفِيرًا".

Dari Abu Umamah yang menceritakan hadis berikut: Aku bertanya, "Wahai Nabi Allah, berapakah jumlah para nabi itu?" Nabi Saw. menjawab, "Seratus dua puluh empat ribu orang, dari jumlah itu ada tiga ratus lima belas orang (rasul). Jumlah yang cukup banyak."

Namun, dari 124.000 nabi dan 315 rasul yang diutus Allah, hanya 25 yang wajib diimani.

Berikut nama-nama nabi berikut sifat dan mukjizatnya:

1. Nabi Adam alaihisalam

Nabi Adam alaihisalam merupakan manusia pertama yang diciptakan Allah untuk menjadi Khalifah di bumi. Proses penciptaan Nabi Adam ini terjadi di hari Jumat.

Sebelum menciptakan Nabi Adam, Allah SWT berkata kepada Malaikat sebagaimana dalam firman- Nya:

وَاِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ اِنِّيْ جَاعِلٌ فِى الْاَرْضِ خَلِيْفَةًۗ قَالُوْٓا اَتَجْعَلُ فِيْهَا مَنْ يُّفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاۤءَۚ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَۗ قَالَ اِنِّيْٓ اَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata, "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau!" Tuhan berfirman, "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kalian ketahui.”

Mukjizat Nabi Adam:

- Allah SWT memberitahukan bahwa Dia telah memerintahkan kepada para malaikat untuk bersujud menghormati Adam.

- Nabi Adam juga mengetahui semua nama-nama makhluk yang diciptakan Allah

- Dikarunia keturunan yang kembar dan berpasang-pasangan di antaranya Qabil dan Habil.

Sifat Nabi Adam as:

- Taat beribadah


Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda