Hikmah

Niat Sholat Tarawih di Rumah Lengkap dengan Bacaan Bilal dan Doa Kamilin

Kastolani · Minggu, 18 April 2021 - 14:54:00 WIB
Niat Sholat Tarawih di Rumah Lengkap dengan Bacaan Bilal dan Doa Kamilin
Mengerjakan sholat tarawih di rumah dianjurkan bagi Muslim yang berada di zona merah Covid-19. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Niat sholat tarawih di rumah sama seperti menjalankan sholat tarawih berjemaah di masjid atau musala. Sholat tarawih memang dianjurkan untuk dikerjakan berjemaah di masjid atau musala karena pahalanya tentu lebih baik daripada sholat sendirian. 

Namun, tidak semua orang bisa melaksanakan sholat tarawih berjemaah karena beberapa hal atau udzur seperti tugas kerja yang tidak bisa ditinggalkan atau sedang dalam perjalanan. 

Terlebih di masa pandemi seperti saat ini terutama di daerah berzona kuning dan merah tentu tidak diperolehkan melaksanakan sholat tarawih berjemaah di masjid atau musala. Tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Karena itu, Muslim disarankan tetap menjalankan sholat tarawih namun dari rumah. 

Keutamaan sholat tarawih sangat besar sebagaimana hadits Nabi SAW yang diriwayatkan Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadits kedua diriwayatkan Abu Daud dan Turmudzi, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَة

“Siapa saja yang ikut shalat tarawih berjemaah bersama imam sampai selesai maka untuknya itu dicatat seperti shalat semalam suntuk.” (HR. Abu Daud dan Turmudzi).

Waktu pelaksanaan shalat Tarawih dimulai setelah sholat Isya, berakhir sampai terbit fajar. Bagi yang belum melaksanakan shalat Isya, tidak diperkenankan melakukan shalat Tarawih. Bahkan shalat Tarawihnya menjadi tidak sah. 

Sholat tarawih dapat dikerjakan 11 rakaat, yang terdiri dari 8 rakaat sholat tarawih dan 3 rakaat sholat witir. Atau 23 rakaat, yang terdiri dari 20 rakaat sholat tarawih dan 3 rakaat witir. 

Sholat Tarawih merupakan shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari oleh karena itu, ia harus mengikuti kaidah shalat sunnah malam, yaitu setiap dua rakaat satu salam, dan tidak sah jika dikerjakan empat rakaat satu salam sebagaimana keterangan Syekh M Nawawi al Bantani berikut:

 ولا يصح أن يصلي أربعا منها بسلام بل لا بد أن يكون كل ركعتين منها بسلام لأنها وردت كذلك

Artinya, “Shalat Tarawih tidak sah dikerjakan empat rakaat dengan satu salam, tetapi ia harus ada salam setiap dua rakaat karena hadits menyatakan demikian,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], halaman 112).

Berikut niat sholat tarawih di rumah sebagai berikut:

1. Niat sholat tarawih.

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat Tarawihi rak‘ataini mustaqbilal qiblati ada’an lillahi ta‘ala.

Editor : Kastolani Marzuki