Hikmah

Pengertian Adab, Akhlak Serta Kedudukannya dalam Islam yang Penting Diketahui

Celine Aliza Agustin · Sabtu, 22 Januari 2022 - 12:28:00 WIB
Pengertian Adab, Akhlak Serta Kedudukannya dalam Islam yang Penting Diketahui
ilustrasi umat Islam

Jakarta, iNews.id - Pengertian adab, akhlak serta kedudukannya dalam Islam kerap kali banyak yang menyalahartikannya. Padahal adab dan akhlak di dalam Islam adalah dua hal yang berbeda.

Sebagai umat Islam yang beriman sudah seharusnya memiliki adab dan akhlak yang baik. Sebab, adab dan akhlak yang baik bisa mencerminkan bagaimana kepribadian diri sebenarnya.

Khususnya di kehidupan sehari-hari di mana umat Islam harus saling membangun hubungan ukhuwah Islamiyah terhadap sesama. Maka dari itu wajib hukumnya kita mengetahui pengertian adab, akhlak serta kedudukannya dalam Islam.

Pengertian Adab dan Kedudukannya dalam Islam

Adab berasal dari bahasa Arab yang secara bahasa memiliki arti kesopanan, kehalusan, dan kebaikan budi pekerti, akhlak. Sedangkan, secara istilah adab adalah suatu ibarat tentang pengetahuan yang dapat menjaga diri dari segala sifat yang salah.

Dikutip dari jurnal IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang ditulis oleh Mustopa, dari pengertian adab tersebut maka bisa disimpulkan bahwa adab dalam Islam adalah mencerminkan baik buruknya seseorang, mulia atau hinanya seseorang, terhormat atau tercelanya nilai seseorang.

Pengertian Akhlak dan Pandangannya dalam Islam

Akhlak memiliki arti adat yang dengan sengaja dikehendaki. Dalam jurnal Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor dijelaskan bahwa akhlak adalah azimah atau kemauan yang kuat tentang sesuatu yang dilakukan berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan yang mengarah kepada kebaikan dan keburukan.

Maka dapat disimpulkan, akhlak bisa dibentuk dengan cara melakukan sesuatu secara berulang sehingga bisa menciptakan kebiasaan yang baik ataupun buruk.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: