Hikmah

21 Peristiwa Hari Asyura 10 Muharram yang Dialami Para Nabi

Kastolani · Kamis, 19 Agustus 2021 - 14:46:00 WIB
21 Peristiwa Hari Asyura 10 Muharram yang Dialami Para Nabi
Kapal Nabi Nuh as berlabuh di Bukit Zuhdi setelah enam bulan mengarungi banjir besar tepat di Hari Asyura 10 Muharram. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Hari Asyura atau hari ke-10 di Bulan Muharram dalam kalender Islam merupakan hari istimewa dan penuh sejarah. Banyak peristiwa penting yang terjadi pada Hari Asyura 10 Muharram.

Menurut beberapa riwayat disebutkan, para nabi mengalami peristiwa menakjubkan di hari Asyura yang mulia.

Karena itu, umat Islam hendaknya menyambut hari asyura  dengan banyak mengambil pelajaran yang bermanfaat dari sejarah masa lalu dengan berzikir, puasa dan berdoa.

Menurut beberapa riwayat disebutkan banyak peristiwa penting yang dialami para nabi terjadi di hari itu pada masa yang lalu.

Ulama ahli fiqih dan pakar hadis kelahiran Samarkand (Uzbekistan), Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) dalam kitabnya Tanbihul Ghafilin, meriwayatkan dari Ikrimah berkata Hari Asyura ialah hari diterimanya tobat Nabi Adam 'alaihissalam.

Dan hari itu pula turunnya Nabi Nuh 'alahissalam dari perahunya, maka ia berpuasa sebagai wujud syukur kepada Allah. Kemudian hari itu pula Fir'aun ditenggelamkan dan terbelahnya laut bagi Nabi Musa 'alaihissalam.

Berikut 21 peristiwa Hari Asyura 10 Muharram yang dialami para nabi dikutip iNews.id dari PISS-KTB:

واستوت سفينة نوح على الجودي وفلق الْبَحْر لمُوسَى وَأغْرقَ فِي الْبَحْر فِرْعَوْن وَأخرج يُونُس من بطن الْحُوت ويوسف من الْجب وتيب على قوم يُونُس وَولد إِبْرَاهِيم عَلَيْهِ الصَّلَاة وَالسَّلَام وَنَجَا من النَّار فِيهِ وَولد عِيسَى عَلَيْهِ السَّلَام وَرفع إِلَى السَّمَاء فِيهِ ورد بصر يَعْقُوب وكشف ضرّ أَيُّوب وَغفر لنَبِيّ الله دَاوُد فِيهِ اه

1. Diciptakannya Nabi Adam alaihi salam (as) di Surga

2. Diterimanya taubat Nabi Adam as

3. Dan Allah mengangkat nabi Idris hari itu pada tempat/kedudukan yang tinggi

4. Berlabuhnya perahu Nabi Nuh as di Bukit Zuhdi setelah enam bulan mengarungi banjir besar.

5. Terbelahnya laut merah untuk Nabi Musa as setelah dikejar Fir’aun.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: