Hikmah

4 Keutamaan Puasa Rajab, Setara Ibadah 700 Tahun Hingga Diberi Minum Telaga Susu

Kastolani · Jumat, 12 Februari 2021 - 00:32:00 WIB
4 Keutamaan Puasa Rajab, Setara Ibadah 700 Tahun Hingga Diberi Minum Telaga Susu
Keutamaan Puasa Rajab salah satunya nilai ibadah setara 700 tahun. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan haram dalam Islam yang di dalamnya terdapat banyak keistimewaaan. Di bulan mulia ini, Muslim dianjurkan memperbanyak ibadah salah satunya Puasa Rajab. Amalan lain yang bisa dilakukan yakni membaca shalawat, berpuasa, istighfar, dan sedekah. 

Dalam kalender Hijriah, Bulan Rajab sudah masuk pada Jumat (12/2/2021) sore. Sedangkan pada kalender Masehi, Bulan Rajab jatuh pada Sabtu, 13 Februari 2021. 

Menyambut salah satu bulan mulia ini, Muslim dianjurkan untuk menjalankan puasa Rajab pada 10 hari pertama karena ada banyak keutamaannya. Berikut empat keutamaan Puasa Rajab dikutip dari pecihitam.id:

1. Diberi Minum Sungai Rajab

إِنَّ فِي الْجَنَّةِ نَهْرًا يُقَالُ لَهُ رَجَبَ مَاؤُهُ أَبْيَضُ مِنَ اللَّبَنِ وَأَحْلَى مِنَ الْعَسَلِ. مَنْ صَامَ يَوْمًا مِنْ رَجَبَ سَقَاهُ اللهُ مِنْ ذَلِكَ النَّهْرِ

Artinya: Sesungguhnya di dalam surga terdapat sungai yang diberinama Rajab. (Warna) airnya lebih putih daripada susu dan (rasanya) lebih manis daripada madu. Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka Allah akan memberinya minum dari sungai tersebut.

2.  Setara 700 Tahun

مَنْ صَامَ مِنْ شَهْرِ حَرَام الْخَمِيْسَ وَالْجُمْعَةَ وَالسَّبْتَ كَتَبَ لَهُ عِبَادَةَ سَبْعَمِائَةِ سَنَةٍ

Artinya: Barangsiapa berpuasa pada hari Kamis, Jumat dan Sabtu di bulan Haram/mulia (Dzluqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, Rajab), maka Allah mencatatkan baginya setara dengan ibadah selama 700 (tujuh ratus) tahun.

3). Dibukakan Pintu Surga

مَنْ صَامَ مِنْ رَجَبَ يَوْمًا كَانَ كَصِيَامِ شَهْرٍ وَمَنْ صَامَ مِنْهُ سَبْعَةَ أَيَّامٍ غُلِقَتْ عَنْهُ أَبْوَابُ الْجَحِيْمِ السَّبْعَةِ وَمَنْ صَامَ مِنْهُ ثَمَانَيَةَ أَيَّامٍ فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةِ وَمَنْ صَامَ مِنْهُ عَشْرَةَ أَيَّامٍ بُدِلَتْ سَيِّئَاتُهُ حَسَنَاتٍ

Artinya: Artinya: Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia itu setara dengan puasa sebulan. Barangsiapa puasa tujuh hari di bulan Rajab, maka ditutup darinya pintu-pintu Jahim/neraka yang tujuh. Barang siapa berpuasa delapan hari di bulan Rajab, maka dibuka untuknya pintu-pintu syurga yang delapan. Barangsiap berpuasa sepuluh hari di bulan Rajab, maka keburukan-keburukannya diganti dengan kebaikan-kebaikan.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3