Sejarah Idul Adha dan Hikmah di Balik Berkurban, Kisah Teladan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

Inas Rifqia Lainufar · Selasa, 05 Juli 2022 - 09:06:00 WIB
Sejarah Idul Adha dan Hikmah di Balik Berkurban, Kisah Teladan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail
Sejarah Idul Adha dan hikmah di balik berkurban (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Simak sejarah Idul Adha dan hikmah di balik berkurban. Idul Adha di Indonesia pada tahun ini akan segera tiba dan jatuh pada tanggal 10 Juli 2022.

Tak jauh berbeda dengan Idul Fitri, Idul Adha juga dirayakan begitu semarak di tanah air, mulai dari saat salat id hingga penyembelihan hewan kurban. Namun sudah tahukah Anda sejarah hari raya tersebut? Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai sejarah Idul Adha dan hikmah di balik berkurban yang patut untuk disimak.

Sejarah Idul Adha dan hikmah di balik berkurban

Sebagaimana yang telah diketahui, Idul Adha juga bisa disebut sebagai Hari Raya Haji. Terdapat peristiwa penting yang dialami oleh Nabi Ibrahim yang menjadi cikal bakal Idul Adha atau Hari Raya Haji.

Peristiwa tersebut bahkan termaktub dalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 37.

رَّبَّنَا إِنِّي أَسْكَنتُ مِن ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِندَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُواْ الصَّلاَةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِّنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُم مِّنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ


Artinya: “Ya Tuhan kami sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di suatu lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumahmu (Baitullah) yang dimuliakan. Ya Tuhan kami (sedemikian itu) agar mereka mendirikan shalat. Maka jadikanlah gati sebagia manusia cenderung kepada mereka dan berizkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.”

Dari ayat tersebut diketahui bahwa Nabi Ibrahim telah mendapat perintah dari Allah untuk menempatkan istrinya, Siti Hajar bersama Nabi Ismail putranya, yang saat itu masih menyusu. 

Tak tanggung-tanggung, keduanya ditempatkan di suatu lembah yang tandus, gersang, dan tidak tumbuh sebatang pohon pun. Karena begitu tandus, Siti Hajar bahkan sempat kehabisan air minum hingga tidak bisa menyusui Nabi Ismail.

Beliau pun begitu panik ketika Nabi Ismail menangis tanpa henti saat kehausan dan mencari air ke sana kemari sambil berlari-lari kecil di antara bukit Safa dan Marwah sebanyak 7 kali. 

Saat sang ibu mondar-mandir mencari air, Nabi Ismail menghentakkan kakinya ke tanah.

Dengan kuasa Allah SWT, keluarlah air dari dalam tanah dimana air ini terkenal dengan nama ‘air zam zam’.

Peristiwa lari-lari kecil yang dilakukan oleh Siti Hajar untuk mendapatkan air inilah yang saat ini disebut sebagai ‘Sa’i’ yang kini merupakan rangkaian dari ibadah haji. Selain itu, terdapat peristiwa lain yang melatarbelakangi adanya penyembelihan hewan kurban pada saat Idul Adha.

Hal tersebut bisa ditemukan dalam Al-Qur’an surat Ash-Shaffat ayat 102.

`قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَى فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانظُرْ مَاذَا تَرَى قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِن شَاء اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ

Artinya: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu, maka pikirkanlah apa pendapatmu? Ismail menjawab: Wahai bapakku kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu. InsyaAllah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.”

Dari ayat tersebut, Ibnu Katsir dalam kitab Tafsir Al-Qur’anul Adhim menyatakan bahwa Nabi Ibrahim mendapatkan ujian keimanan dari Allah SWT berupa perintah untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail yang saat itu masih berusia 7 tahun.

Tanpa penolakan sedikitpun, Nabi Ismail justru mengatakan pada ayahnya untuk segera melaksanakan perintah Allah SWT tersebut.

Sempat digoda oleh setan beberapa kali, baik Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail enggan untuk mengurungkan niatnya dan malah melempari setan dengan batu kerikil berulang kali.

Peristiwa melempar batu inilah yang sekarang disebut lempar jumrah yang menjadi salah satu rangkaian ibadah haji.  Nabi Ibrahim pun sampai meletakkan pisau di leher putranya dan nyaris digerakkan.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda