Niat Sholat Awwabin Lengkap dengan Doa serta Keutamaannya

Kastolani · Minggu, 21 Februari 2021 - 23:54:00 WIB
Niat Sholat Awwabin Lengkap dengan Doa serta Keutamaannya
Sholat awwabin merupakan salah satu sholat sunnah yang memiliki keutamaan. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Sholat Awwabin merupakan salah satu sholat sunnah yang memiliki keutamaan besar. Sebagian ulama mengatakan sholat awwabin merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan antara sholat maghrib dan isya.

Sebagian ulama lainnya mengatakan bahwa mereka adalah orang-orang yang gemar mengerjakan sholat duha.

Hal ini sesuai pemahaman sejumlah sahabat mengenai sholat sunnah antara Maghrib dan Isya yang tertuang dalam Alquran.

تَتَجَافَى جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

Artinya: Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedangkan mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka. (QS. As-Sajdah: 16)

Diriwayatkan dari Anas, Ikrimah, Muhammad ibnul Munkadir, Abu Hazim, dan Qatadah, bahwa yang dimaksud ayat tersebut ialah menunggu di antara dua salat Isya (Magrib dan Isya).  Diriwayatkan dari Anas pula bahwa makna yang dimaksud ialah menunggu kedatangan waktu salat Isya.  Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dengan sanad yang jayyid (baik).

Niat dan Tata Cara Sholat Awwabin

Di antara beberapa sholat sunah yang tidak disunahkan berjama'ah dikutip dari laman Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah KTB (PISS-KTB) adalah "sholat awwaabiin" yaitu sholat yang waktu pengerjaannya di antara maghrib dan 'isya yang berjumlah 20 rokaat . Terdapat beberapa qoul mengenai jumlah sholat ini yakni dalam riwayat lain berjumlah 6 (enam) rokaat, ada juga empat rokaat, dan ada juga yang menyebut dua rokaat.

Ini adalah jumlah rokaat minimal dan bisa terlaksana sebab melakukan sholat qodlo, ada', ataupun sholat sunnah sebagaimana sholat tahiyyatul masjid, berbeda dengan perdapat / fatwa syaikh Ibnu Hajar dalam kitab fatawinya, sedang waktu yang paling utama dalam pelaksanaan sholat awwaabiin adalah setelah dzikir ba'da maghrib. (Kitab Fathul Mu'in Hamsy i'anah ath-tholibin 1 : 258 -259).

Bacaan Niat Sholat Awwabin:

اُصَلِّى سُنَّةً الأَوَّابِينَ رَكَعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal awwabiina rak'ataini lillahi ta'aalaa.

Artinya : "Aku niat shalat sunah awwabin dua rakaat karena Allah ta'ala".

Editor : Kastolani Marzuki