Hikmah

Sidratul Muntaha dalam Alquran, Tempat Nabi SAW Menerima Perintah Sholat 5 Waktu

Kastolani · Selasa, 09 Maret 2021 - 16:39:00 WIB
Sidratul Muntaha dalam Alquran, Tempat Nabi SAW Menerima Perintah Sholat 5 Waktu
Ilustrasi Nabi Muhammad SAW menerima wahyu dari Allah saat di Sidratul Muntaha dalam Isra Miraj. (Foto: SINDOnews)

Dalam Surat al-Najm disebutkan Sidratul Muntahaa itu berada “bersebelahan” dengan “Surga, tempat kediaman abadi”. Maka salah satu kualifikasi kebahagiaan tertinggi ialah kedamaian (salām),  sehingga surga pun dilukiskan sebagai Daarussalaam yakni “Negeri Kedamaian”, dan jiwa yang bahagia dipanggil sebagai “jiwa yang tenang” (al-nafs al-muthma’innah).

Jadi jika Nabi SAW telah sampai ke Sidratul Muntaha, berarti Rasulullah SW  telah mencapai tingkat kedamaian, ketenangan, dan kemantapan batin yang tertinggi, yang tidak didapat oleh siapa pun yang lain. Karena itu sesudah mengalami Isra Miraj, Nabi SAW menjadi semakin mantap dalam perjuangannya, kemudian mencapai kemenangan demi kemenangan, yaitu setelah berhijrah ke Yastrib (Madinah).

Tetapi apa pun makna literal ataupun simbolik Sidratul Muntahaa itu, dia adalah bagian dari misteri Ilahi. Nabi SAW telah benar-benar sampai ke Sidratul Muntaha dan menyaksikan sebagian dari tanda-tanda kebesaran Tuhan Yang Mahaagung. Itulah batas tertinggi ilmu manusia. Selebihnya adalah rahasia Tuhan.

Namun, sungguh sangat menarik bahwa biar pun begitu, Nabi masih diperintah Allah untuk berdoa memohon tambahnya ilmu (Q 20:114).

Wallahu A'lam.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: