Ilmu Tajwid

Surat Al Jumuah Ayat 9 dan 10 serta Hukum Bacaan Tajwid dengan Penjelasannya

Kastolani · Jumat, 13 Agustus 2021 - 14:54:00 WIB
Surat Al Jumuah Ayat 9 dan 10 serta Hukum Bacaan Tajwid dengan Penjelasannya
Hukum bacaan tajwid dalam Surat Al Jumuah ayat 9 dan 10 penting diketahui agar bisa membaca Al Quran dengan baik dan benar. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Hukum bacaan tajwid dalam Surat Al Jumuah ayat 9 dan 10 penting diketahui agar bisa membacanya dengan baik dan benar. 

Surat Al Jumuah Artinya Hari Jumat, termasuk surah Madaniyyah, 11 ayat Turun sesudah Surah Ash-Shaff. 

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas dan Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW sering membaca Surat Al-Jumuah dan surah Al-Munafiqun dalam salat jumatnya.

Allah SWT berfirman:

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (9) فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الأرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (10)}

Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. (QS. Al Jumuah ayat 9-10).

Dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan ayat tersebut menegaskan  tentang kewajiban untuk bersegera menunaikan sholat Jumat ketika sudah dikumandangkan seruan adzan dan meninggalkan semua aktivitas termasuk di antaranya jual beli.

Kemudian, setelah dilarang melakukan transaksi sesudah seruan yang memerintahkan mereka berkumpul untuk melaksanakan sholat Jumat, kemudian diizinkanlah bagi mereka sesudah itu untuk bertebaran di muka bumi dalam rangka mencari karunia Allah. 

Kandungan lainnya dalam Surat Al Jumuah ayat 9-10 yakni anjuran untuk banyak-banyak mengingat Allah saat melakukan transaksi jual beli dan saat menerima dan memberi, serta  jangan disibukkan oleh urusan dunia hingga melupakan hal yang bermanfaat di negeri akhirat nanti.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: