Hikmah

Tata Cara Mandi Taubat Lengkap Bacaan Niat Latin & Artinya

Kastolani · Minggu, 21 November 2021 - 19:47:00 WIB
Tata Cara Mandi Taubat Lengkap Bacaan Niat Latin & Artinya
Tata Cara Mandi Taubat lengkap dengan bacaan niat. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Tata Cara Mandi Taubat sejatinya sama seperti mandi wajib pada umumnya. Hal yang membedakannya hanya pada bacaan niat.

Mandi taubat dalam kitab Nihayah al-Zain yang dikarang oleh Syekh Al-Nawawi Al-Jawi telah dijelaskan bahwa seseorang wajib segera bertaubat seketika setelah melakukan dosanya walaupun dosa tersebut termasuk dosa kecil, dan apabila menunda bertaubat maka tambah berdosa karena penundaan taubat tersebut.

Para ulama menyatakan salah satu cara untuk bertaubat yaitu dengan mandi taubat atau ghaslut taubah. Mandi taubat ini dianjurkan bagi seseorang yang baru masuk Islam atau setelah melakukan dosa besar dan kefasikan.

Berikut tata cara mandi taubat lengkap dengan bacaan niat latin dan artinya:

1. Berniat dalam hati saat hendak mandi untuk membersihkan diri dari perbuatan dosa serta kotoran yang menempel pada badan.

Adapun bacaan niat mandi taubat adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِلتَّوْبَتِ عَنْ جَمِعِ الذُّنُوْبِ

Latin: “Nawaitu ghusla littaubati ‘an jami’idzunuub.

Artinya: “Aku berniat mandi taubat dari segala dosa dhahir dan batin.”

2. Menuangkan air pada kedua telapak tangan seperti halnya berwudhu kemudian membasuh kedua tangan sebanyak dua atau tiga kali. 

3. Mencuci dan membilas daerah kemaluan dengan tangan kiri. 

4. Membersihkan seluruh anggota badan dengan sabun atau wewangian layaknya seperti saat mandi pada umumnya dengan menggosok menggunakan tangan kiri. 

5. Selanjutnya berwudhu seperti urutan saat berwudhu seperti biasanya kemudian mencuci pergelangan tangan sampai dengan kaki. 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: