Hikmah

Tata Cara Membaca Al Quran, Adab, Rukun, Keutamaan yang Wajib Diketahui Muslim

Kastolani · Senin, 24 Januari 2022 - 17:41:00 WIB
Tata Cara Membaca Al Quran, Adab, Rukun, Keutamaan yang Wajib Diketahui Muslim
Tata cara membaca Al Quran beserta adab, rukun dan keutamaannya yang perlu diketahui dan diamalkan Muslim. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Al Quran merupakan kitab suci yang wajib dibaca, dihafalkan dan diamalkan Muslim. Namun, ada beberapa tata cara membaca Al Quran yang perlu diperhatikan. 

Membaca Al Quran merupakan amalan ibadah yang utama, yang mempunyai berbagai keistemawan dan kelebihan dibandingkan dengan membaca bacaan yang lain. Sesuai dengan arti Al-Qur’an secara etimologi adalah bacaan karena Al Quran diturunkan untuk dibaca.

Al Quran adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan oleh Allah SWT Tuhan seru sekalian alam kepada junjungan kita nabi besar dan rasul terakhir Muhammad SAW melalui malaikat Jibril, untuk diteruskan penyampaiannnya kepada seluruh umat manusia di muka bumi ini sampai akhir zaman nanti. 

Al Qur an adalah Kitab Suci terakhir bagi umat manusia dan sesudahnya tidak  ada lagi kitab suci yanga akan diturunkan oleh Allah SWT. Umat islam wajib bangga dengan kitab suci Al Quran, karena Al-Qur’an adalah bacaan yang maha sempurna dan maha mulia sehingga disebut dengan Al-Qur’an Al Karim.

Direktur Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat MA dalam konsultasi Fiqih menjelaskan, di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah menyatakan tentang kelebihan martabat dan keutamaan orang membaca Al Quran. 

Dari Abu Musa Al-Asy`arit berkata, Rasulullah bersabda, "Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al Quran bagaikan buah limau baunya harum dan rasanya lezat. Dan perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Al-Qur`an bagaikan kurma, rasanya lezat dan tidak berbau. Dan perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Qur`an bagaikan buah raihanah yang baunya harum dan rasanya pahit, dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Al-Qur`an bagaikan buah hanzholah tidak berbau dan rasanya pahit." (HR Bukhari dan Muslim)

Dari pengertian hadits di atas jelas bahwa keutamaan membaca Al-Qur’an, baik mengetahui artinya ataupun tidak, adalah termasuk ibadah, amal shaleh dan memberi rahmat serta manfaat bagi yang melakukanya. Selain itu, memberi cahaya ke dalam hati yang membacanya sehingga terang benderang, juga memberi cahaya kepada tempat Al Quran itu dibaca.

Sebelum membaca Al Quran perlu mengetahui tata cara membaca Al Quran, rukun, adab, keutamaan. 

Berikut Tata Cara Membaca Al Quran:

1. Bersuci dengan Berwudhu

Saat membaca Alquran, Muslim harus dalam kondisi tidak mempunyai hadas besar atau kecil dalam artian bersuci. Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِى بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَتَبَ إِلَى أَهْلِ الْيَمَنِ كِتَابًا فَكَانَ فِيهِ لاَ يَمَسُّ الْقُرْآنَ إِلاَّ طَاهِرٌ

Dari Abu Bakr bin Muhammad bin ‘Amr bin Hazm dari ayahnya dari kakeknya, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menulis surat untuk penduduk Yaman yang isinya, “Tidak boleh menyentuh Al-Quran melainkan orang yang suci”. (HR. Daruquthni ) [ No. 449 ]

2. Membaca Ta'awudz

فَاِذَا قَرَأْتَ الْقُرْاٰنَ فَاسْتَعِذْ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطٰنِ الرَّجِيْمِ

Artinya: Apabila kamu membaca al-Quran, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.

Perintah ini dari Allah, ditujukan kepada hamba-hamba-Nya melalui lisan Nabi-Nya; bahwa apabila mereka hendak membaca Al-Quran, terlebih dahulu hendaklah meminta perlindungan kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Perintah ini adalah perintah sunat, bukan perintah wajib, menurut kesepakatan ulama yang diriwayatkan oleh Abu Jafar ibnu Jarir dan lain-lainnya dari kalangan para imam.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: