Tata Cara Membaca Yasin Fadilah, Ini Ayat yang Dibaca Berulang dan Disisipkan Doa

Rilo Pambudi · Selasa, 02 Agustus 2022 - 06:11:00 WIB
Tata Cara Membaca Yasin Fadilah, Ini Ayat yang Dibaca Berulang dan Disisipkan Doa
Tata cara membaca Yasin Fadilah (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Tata cara membaca Yasin Fadilah perlu diketahui setiap Muslim untuk diamalkan. Surat Yasin merupakan surat ke-83 dalam Al Quran yang disebut juga sebagai qolbul qur’an.

Terdapat banyak sekali keutamaan membaca Surat Yasin. Salah satunya adalah akan diampuni dosa-dosanya sebagaimana disampaikan dalam hadits berikut.

“Barangsiapa membaca Yasin di hari dan malam Jumat dengan mengharap ridha Allah, diampuni dosanya” (HR Asbahani). [ At-Targhib wa at-Tarhib I/298 ].

Dilansir iNews.id dari laman Tafsir Quran, Senin (1/8/2022), yang disebut Yasin Fadilah adalah adalah bacaan Surat Yasin yang pada ayat-ayat tertentu dibaca secara berulang-ulang. Selain itu, sering juga disisipi bacaan sholawat doa tertentu selain Al-Quran saat membacanya.

Bacaan dzikir berupa sholawat atau doa yang disisipkan tersebut biasanya berkaitan dengan ayat sebelumnya. Oleh karena ada pengulangan ayat atau penambahan doa dalam surat Yasin tersebut, maka kemudian dinamai 'Yasin Fadilah'.

Tata Cara Membaca Yasin Fadilah

Dalam kitab Khozinatul Asror karya Sayyid Muhammad Haqqi An-Nazili (169) disebutkan kaifiyah (tatacara) membaca Yasin Fadhilah. Beliau mengutip dari sebagian ulama sebagai berikut:

وَقَالَ بَعْضُهُمْ- لَفْظَةُ يٰس سَبْعَ مَرَّاتٍ وَإِذَا بَلَغَ فِيْ الْقِرَاءَةِ إِلَى قَوْلِهِ ذٰلِكَ تَقْدِيْرُ الْعَزِيْزِ الْعَلِيْمِ يُكَرِّرُهَا أَرْبَعَ عَشْرَةَ مَرَّةً وَإِذَا بَلَغَ قَوْلَهُ سَلٰمٌ قَوْلًا مِّنْ رَّبٍّ رَّحِيْمٍ يُكَرِّرُهَا سِتَّ عَشر مَرَّةً وَإِذَا بَلَغَ قَوْلَهُ اَوَلَيْسَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ بِقٰدِرٍ عَلٰٓى اَنْ يَّخْلُقَ مِثْلَهُمْ ۗبَلٰى يُكَرِّرُهَا أَرْبَعَ مَرَّاتٍ ثُمَّ يَقْرَأُ إِلَى آخِرِهَا 

Membaca lafadz Yasin 7 kali. Ketika sampai pada bacaan Firman Allah: Dzalika taqdirul azizil alim diulang 14 kali. Ketika sampai pada bacaan Firman Allah: Salamun Qaulan min Rabbir Rahiim diulang 16 kali, Awalaisalladzi kholaqossamawatiwalardho biqodirin ala anyyakhluqa mitslahum bala diulang 4 kali. Setelah itu dilanjutkan sampai akhir surat.  

Kaifiyah atau tata cara seperti itu yang secara luas dikenal dengan bacaan Yasin Fadhilah. Di akhir penjelasan, Sayyid Muhammad Haqqi An-Nazili mengatakan:

وَمَنْ قَرَأَ السُّوْرَةَ عَلَى هَذَا التَّرْتِيْبِ سَبْعَ مَرَّاتٍ يَحْصُلُ مُرَادُهُ وَمَقْصُوْدُهُ هَكَذَا أَخَذْتُ اْلإِجَازَةَ عَنِ الْمَشَايِخِ

"Siapa saja yang membaca Yasin dengan susunan seperti ini 7 kali, maka dia akan mendapatkan apa yang diinginkannya. Seperti inilah saya mengambil ijazah dari para guru."

Tata cara di atas merupakan 'kreasi amalan' berdasar pengalaman dari para ulama dan sholihin. Selain itu, adapun bacaan doa yang diselipkan dalam Yasin fadilah adalah ketika tiba dan selesai membaca ayat ke-58 yang berbunyi 
"Salamun Qaulan min Rabbir Rahiim". 

Setelah ayat tersebut, bisa juga disisipkan dengan membaca doa seperti "Ya Allah selamatkan kami dari ujian di dunia dan di akhirat". Barulah setelahnya kita bisa melanjutkan membaca ayat ke 59.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda