Hikmah

Tata Cara Sholat Taubat yang Shahih, Bacaan Niat, Doa & Artinya serta Waktu

Kastolani · Selasa, 24 Mei 2022 - 20:52:00 WIB
Tata Cara Sholat Taubat yang Shahih, Bacaan Niat, Doa & Artinya serta Waktu
Tata cara sholat taubat yang shahih sesuai sunnah beserta bacaan niat dan doanya. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Tata cara Sholat Taubat yang shahih penting diketahui bagi orang yang ingin bertaubat setelah melakukan maksiat atau berbuat dosa. Sholat Taubat ini memang sangat dianjurkan dilakukan setelah seseorang melakukan dosa atau merasa berbuat dosa, lalu bertaubat kepada Allah SWT.

Berbuat dari sesuatu dosa artinya menyesal atas perbuatan yang telah dilakukannya, dan berniat tidak akan melakukannya lagi disertai permohonan ampunan kepada Allah. 

Direktur Rumah Fiqih Indonesia, Ustadz Ahmad Sarwat menjelaskan, Sholat taubat ini disyariatkan untuk dikerjakan oleh seorang hamba dalam rangka bertaubat kepada Allah SWT dan kembali dari dosa-dosa dan maksiat. Shalat Taubat tidak disyariatkan kecuali seseorang sedang bertaubat kepada Allah SAW.

Sholat taubat adalah shalat yang oleh jumhur ulama dikatakan sebagai shalat yang masyru’ dan telah ditetapkan pensyariatannya lewat nash-nash syariah.

Dalil anjuran melaksanakan sholat taubat ini disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan Imam at Tirmidzi dari sahabat Ali bin Abi Thalib, dari sahabat Abu Bakar As-Shidiq bahwa Rasulullah Saw bersabda:

مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ، ثُمَّ يُصَلِّي ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلَّا غَفَرَ لَهُ

Artinya: “Tidaklah seseorang berbuat dosa lalu ia beranjak bersuci, melakukan shalat kemudian beristighfar meminta ampun kepada Allah kecuali Allah mengampuninya.”

Tata Cara Sholat Taubat yang Shahih

Sholat taubat dikerjakan dengan dua rakaat sebagaimana disebutkan di dalam hadits Abu Bakar radhiyallahuanhu.

ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ

Mendirikan shalat dua rakaat. (HR. Abu Daud)

Sholat Taubat lebih utama dikerjakan dengan sendirian, karena tidak termasuk jenis sholat yang disunnahkan untuk dikerjakan dengan cara berjamaah.

Dianjurkan seusai Sholat Taubat dilakukan untuk memperbanyak istighfar dan permohonan ampunan dari Allah SWT. Hal itu sebagaimana firman Allah SWT :

وَإِنِّي لَغَفَّارٌ لِمَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحاً ثُمَّ اهْتَدَى

Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar. (QS. Thaha : 82).

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda