Tidak Perlu Balas Dendam, Ini Amalan Doa Agar Orang yang Menyakiti Kita Menyesal

Rilo Pambudi · Sabtu, 24 September 2022 - 16:47:00 WIB
Tidak Perlu Balas Dendam, Ini Amalan Doa Agar Orang yang Menyakiti Kita Menyesal
Amalan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal (Foto: Garakta Studio/Elements Envato)

JAKARTA, iNews.id - Amalan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal dapat menjadi penenang hati. Doa orang tersakiti bisa dilantunkan ketika seseorang melukai hati kita baik disengaja ataupun tidak.

Seseorang hendaknya takut berbuat zalim kepada orang lain. Sebab diantara doanya yang pasti diijabah oleh Allah adalah doa orang yang terzalimi atau tersakiti. Dilansir iNews.id dari Tebu Ireng, Sabtu (24/9/2022), doa orang tersakiti diamini oleh para malaikat. Tidak ada penghalang apabila orang-orang tersakiti memohon kepada Allah.


Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Nabi Muhammad  dalam sabdanya yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas Ra:


وَاتَّقِ دَعْوَةَ الْمَظْلُومِ فَإِنَّهُ لَيْسَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ الله حِجَابٌ


"Wataqida' watalmadh 'aumi gainnahu laysabaynahaa qa baynallaha khijaabu."


Artinya : ”Dan berhati-hatilah terhadap doa orang yang terzalimi, karena tidak ada penghalang antara doanya dengan Allah SWT, (H.R Bukhari Muslim)


Doa Agar Orang yang Menyakiti Kita Menyesal


Kezaliman adalah perbuatan yang sangat dibenci Allah SWT. Siapapun yang dizalimi atau disakiti oleh orang lain, baik secara verbal, fisik, batin, atau dirugikan secara material, maka doanya akan diijabah.

Allah SWT berfirman dalam surat An Naml ayat 62.


اَمَّنْ يُّجِيْبُ الْمُضْطَرَّ اِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوْۤءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاۤءَ الْاَرْضِۗ ءَاِلٰهٌ مَّعَ اللّٰهِ ۗقَلِيْلًا مَّا تَذَكَّرُوْنَۗ


"Amman yujiibul mudhtharra idzaa da’aahu wayaksyifussuu-a wayaj’alukum khulafaa-al ardhi ailahun ma’allahi qaliilaa maa tadzakkaruun(a)."a wayaj’alukum khulafaa-al ardhi ailahun ma’allahi qaliilaa maa tadzakkaruun(a)."


Artinya : "Bukankah Dia (Allah) yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila dia berdoa kepada-Nya, dan menghilangkan kesusahan dan menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah (pemimpin) di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Sedikit sekali (nikmat Allah) yang kamu ingat. (QS An Naml ayat 62).


Karena balasan Allah itu sudah dijamin, maka kita tidak perlu dendam atau balik membalas zalim kepada orang-orang jahat yang telah menyakiti kita.


Kita hanya perlu berserah dan memohon pertolongan agar dibesarkan hati. Juga memohon agar orang-orang zalim tersebut mendapatkan balasan atau hidayah. Adapun doa agar orang yang telah mendzalimi kita menyesal adalah sebagai berikut:


حسبي الله لديني حسبي الله لدنياي حسبي الله لمن أهمين حسبي الله لمن بفاعلي حسبي الله لمن كادني بشؤءولاحول ولاقوة الابالله 


Latin: "Hasbiyallahu lidiini, hasbiyallahu lidunyaa, hasbiyallahu liman ahammanii, hasbiyallaahu liman baghaa 'alayya, hasbiyallahu liman kaada nii bisuu-in walaa haula walaa quwwata illaa billah,".

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda