Hikmah

Ucapan Minal Aidin Wal Faizin di Hari Raya Idul Fitri, Arti, Hukum,

Kastolani · Minggu, 01 Mei 2022 - 22:36:00 WIB
Ucapan Minal Aidin Wal Faizin di Hari Raya Idul Fitri, Arti, Hukum,
Ucapan Minal Aidin Wal Faizin di Hari Raya Idul Fitri. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Ucapan Minal Aidin Wal faizin lazim diucapkan Muslim saat hari raya Idul Fitri . Namun, banyak yang salah mengartikan ucapan tersebut pada momen Lebaran. Lantas, apa arti ucapan Minal Aidin Wal Faizin? Berikut ulasannya.

Sebagian besar mungkin menganggap ucapan Minal Aidin Wal Faizin mengandung arti mohon maaf lahir dan batin. Namun, sebenarnya arti itu keliru.

Lafadz minal a'idin wal faidzin merupakan doa yang terpotong, arti secara harfiyahnya adalah: termasuk orang yang kembali dan menang.

Lafadz ini terpotong, seharusnya ada lafadz tambahan di depannya meski sudah lazim lafadz tambahan itu memang tidak diucapkan. Lengkapnya ja'alanallahu minal a'idin wal faidzin, yang bermakna semoga Allah menjadi kita termasuk orang yang kembali dan orang yang menang.

Namun sering kali orang salah paham, dikiranya lafadz itu merupakan bahasa arab dari ungkapan mohon maaf lahir dan batin. Padahal bukan dan merupakan dua hal yang jauh berbeda.

"Bahwa ucapan 'minal aidin wal faizin' dalam bahasa Arab memang bukan bermakna 'mohon maaf lahir dan batin'. Sayangnya, banyak orang yang terlanjur salah kaprah," kata Direktur Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat MA dikutip dari laman rumahfiqih.

Menurut Ahmad Sarwat, jika dibedah kata-katanya satu per satu, tidak ada satu pun yang mengandung unsur minta maaf, apalagi pakai lahir dan batin.

Kalimat Minal = من. Kata aslinya bukan minal tetapi hanya 'min'. Namun karena pembacaannya disambung dengan kata al-aidin sesudahnya  diawali dengan alif-lam (makrifah), maka kalau dibaca keduanya menjadi min al-aidin atau kadang ditulisnya menjadi minal aidin,

Secara harfiyah, kata 'min' itu berarti dari, termasuk atau sebagian dari. Misalnya pepatah arab bilang an-nadzafatu minal iman, kebersihan itu sebagian dari iman.

Sedangkan Aidini = عائدين. Kata ini adalah isim fail (pelaku) dari perbuatan kembali. Asal katanya dalam bentuk fi'il madhi adalah 'aada - ya'uudu (عاد - يعود).

Bentuk tunggal isim failnya adalah 'aid saja, tetapi karena jumlahnya banyak, maka bentuknya jamaknya menjadi 'aidin. Aritnya adalah orang-orang yang kembali.

Wal = و Artinya adalah 'dan' Faizin = الفائزين

Faizin adalah bentuk isim fail dalam bentuk jamak. Bentuk tunggalnya adalah faiz saja. Dan kata dasarnya adalah faaza - yafuuzu (فاز - يفوز) yang artinya menang atau beruntung.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda