Hikmah

Hadits Waktu Doa Mustajab Hari Jumat, Paling Utama Setelah Ashar

Kastolani · Jumat, 26 Maret 2021 - 10:37:00 WIB
Hadits Waktu Doa Mustajab Hari Jumat, Paling Utama Setelah Ashar
Hari Jumat merupakan waktu mustajab dikabulkannya doa. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Selain diwajibkan untuk melaksanakan sholat Jumat khususnya bagi kaum laki-laki, Jumat juga memiliki waktu-waktu yang mustajab dikabulkannya doa.

Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ أَبُو الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ سَاعَةٌ لَا يُوَافِقُهَا مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا إِلَّا أَعْطَاهُ وَقَالَ بِيَدِهِ قُلْنَا يُقَلِّلُهَا يُزَهِّدُهَا

Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu dia berkata; Abu Qasim shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda: "Pada hari Jumat terdapat waktu, yang tidaklah seorang hamba muslim shalat dan meminta kebaikan kepada Allah, kecuali Allah akan mengabulkannya." Beliau memberi isyarat dengan tangannya. Kami berkata; 'Yaitu beliau menyempitkannya.'' ( HR Bukhori dan Muslim ).

Hari Jumat merupakan waktu istimewa bagi Muslim. Allah SWT telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin untuk berkumpul guna mengerjakan ibadah kepada-Nya di hari Jumat. 

Ibadah tersebut yakni mengerjakan sholat Jumat. Dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ}

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah. (Al-Jumu'ah: 9).

Dikutip dari pecihitam.org, mengenai waktu doa mustajab di hari Jumat, para ulama salaf berbeda pendapat mengenai waktu mustajab tersebut. Ada yang berpendapat bahwa waktu mustajab adalah setelah ashar sampai magrib, ada yang berpendapat mulai dari keluarnya imam sampai selesai salat Jumat.

Sebagian ulama lainnya berpendapat mulai dari salat ditegakkan sampai selesai. Ada juga yang berpendapat mulai dari imam duduk di mimbar hingga selesai shalat. 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2