Hikmah

10 Zikir Penenang Hati Gelisah, Arab, Latin dan Artinya Beserta Keutamaan

Kastolani · Selasa, 29 November 2022 - 18:19:00 WIB
10 Zikir Penenang Hati Gelisah, Arab, Latin dan Artinya Beserta Keutamaan
Bacaan zikir penenang hati gelisah yang bisa diamalkan tiap waktu. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Zikir penenang hati gelisah merupakan obat mujarab untuk menenteramkan jiwa terutama ketika sedang ditimpa musibah. Zikir merupakan sarana mendekatkan diri kepada Allah. 

Sebab, hanya dengan berdzikir baik hati akan merasa tenang.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran, Surat Ar Ra'du ayat 28.

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُۗ

Artinya: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah.Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS. Ar Ra'du: ayat: 28).

Ibnu Katsir menerangkan maksud ayat tersebut bahwa hati mereka yakni orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah, senang dan tenang berada di sisi Allah, merasa tenteram dengan mengingat-Nya, dan rela kepada-Nya sebagai Pelindung dan Penolong(nya). 

Allah SWT pun meminta hamba-Nya untuk banyak berdzikir dan mengingat-Nya. Dalam Al Quran, Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang. (QS. Al-Ahzab: 42).

Dalam tiap musibah atau masalah yang dialami, pasti ada hikmah di balik musibah itu. Dalam arti lain, sesudah kesusahan akan datang kemudahan sebagaimana firman Allah SWT:

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْراً إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْراً

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (Alam Nasyrah: 5-6)

Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW yang sudah dimaksum senantiasa berdoa kala ditimpa masalah.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَعَوَّذُ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu alahi wasallam selalu meminta perlindungan dari cobaan yang memayahkan, kesengsaraan yang menderitakan, takdir yang buruk dan cacian musuh. (HR. Bukhari) [No. 6347 Fathul Bari] Shahih.

Berikut bacaan zikir penenang hati gelisah lengkap teks Arab, Latin dan artinya:

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda