4 Fakta Menarik Mieke Wijaya Artis Cantik Era 1970-an, Setia sebagai Istri Dicky Zulkarnaen

Vania Ika Aldida · Rabu, 28 Juli 2021 - 19:33:00 WIB
4 Fakta Menarik Mieke Wijaya Artis Cantik Era 1970-an, Setia sebagai Istri Dicky Zulkarnaen
Mieke Wijaya artis cantik era 1970-an yang dikenal sebagai Bu Broto. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Mieke Wijaya artis senior yang cukup dikenal berkat perannya di film Tiga Dara garapan sutradara Usmar Ismail. Tiga Dara merupakan film komedi musikal pada 1956 yang populer hingga sekarang. 

Selain Tiga Dara, karya lain yang populer dari Mieke Wijaya adalah sinetron Losmen yang tayang di TVRI pada 1986. Di sinetron itu, dia berperan sebagai Bu Broto yang ikonik, dan beradu akting dengan Mang Udel, Mathias Muchus, Ida Leman, Eeng Saptahadi, hingga Dewi Yull.

Tercatat sejak era 1950-an, Mieke yang masih berusia 15 tahun sudah aktif di dunia film. Bisa dibilang sudah puluhan film dia mainkan. Lantas bagaimana Mieke saat ini? Penasaran dengan fakta-fakta menarik dalam hidup ibu dari Nia Zulkarnaen ini, berikut rangkuman dari berbagai sumber, Rabu (28/7/2021): 

1. Berkarier sejak usia 15 tahun

Mieke Wijaya terjun ke dunia hiburan saat usianya masih 15 tahun. Salah satu film yang melambungkan namanya ialah Tiga Dara karya Usmar Ismail pada 1956, yang merupakan film bergenre komedi musikal. Film tersebut mampu memperkenalkan sosok Mieke beserta Chitra Dewi dan Indriati Iskak hingga ke kancah Internasional. Film tersebut juga sempat tampil di Festival Film Venesia 1959.

2. Peraih Piala Citra

Istri dari aktor Dicky Zulkarnaen ini cukup aktif di kancah perfilman sejak 1955 hingga 2008 dan sempat meraih beberapa penghargaan bergengsi di Festival Film Indonesia (FFI). Pada 1967 dia berhasil meraih kemenangan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam FFI lewat film Gadis Kerudung Putih. Dirinya bahkan kembali menyabet penghargaan lagi pada 1981 saat bermain dalam film Kembang Semusim. Pada 1975, Mieke meraih penghargaan sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik lewat film Ranjang Pengantin. Dalam film tersebut, dia diketahui beradu akting dengan Slamet Rahardjo, Lenny Marlina, George Kamarullah hingga Christine Hakim.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: