5 Artis Penyanyi yang Pernah Viral di Tahun 80-an, Nomor 2 Pencetak Lagu-Lagu Hits

kevi laras ยท Sabtu, 29 Januari 2022 - 19:49:00 WIB
5 Artis Penyanyi yang Pernah Viral di Tahun 80-an, Nomor 2 Pencetak Lagu-Lagu Hits
Artis penyanyi yang pernah viral di tahun 80-an. (Foto: IG)

JAKARTA, iNews.id - Artis penyanyi yang pernah viral di tahun 80-an terkenal memiliki karakter dan gaya bermusik berbeda dengan masa kini. 

Pernah menjadi masa emas bagi pemusik Tanah Air, ada begitu banyak penyanyi bersuara bagus dengan lagu-lagu yang masih begitu familiar dan enak didengar hingga saat ini.

Tak hanya memiliki suara bagus tapi juga wajah menarik, berikut 5 penyanyi yang pernah viral di tahun 80-an dirangkum iNews.id pada Sabtu (29/1/2022). 

1. Nur Afni Octavia 

Artis penyanyi di tahun 80-an, Nur Afni Octavia. (Foto: IG)
Artis penyanyi di tahun 80-an, Nur Afni Octavia. (Foto: IG)

Artis penyanyi populer di tahun 80-an yang pertama adalah Nur Agni Octavia. Penyanyi yang pernah menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terkenal berkat lagu ‘Bila Kau Seorang Diri’ ciptaan Rinto Harahap. Nur Afni juga populer dengan tembang-tembang cinta lainnya, seperti ‘Surat Cinta’, lagu yang ada pada album perdananya di tahun 1978.

Namun memang sepak terjang Nur Afni di dunia tarik suara sempat meredup di era 1990-an, tetapi sosoknya kembali muncul lewat kabar kurang menyenangkan. Di tahun 2002, Nur Afni diketahui tertimpa kasus penganiayaan yang dilakukan suami keduanya, Edwin Rondonuwu.

2. Rinto Harahap

Rinto Harahap, artis penyanyi yang pernah viral di tahun 80-an. (Foto: IG)
Rinto Harahap, artis penyanyi yang pernah viral di tahun 80-an. (Foto: IG)

Artis penyanyi yang pernah viral di tahun 80-an selanjutnya adalah Rinto Harahap. Pria keturunan batak ini, tentunya sudah tak asing di telinga banyak orang. Dia merupakan penyanyi, pencipta lagu, dan produser di balik kesuksesan banyak penyanyi terkenal tanah air. Deretan penyanyi sukses berkat lagu buatan Rinto antara lain Nia Daniati, Betharia Sonata, Christine Panjaitan, Rita Butar, dan Eddy Silitonga.

Tak terhitung berapa banyak karya yang dihasilkan, dia juga sempat mendirikan sebuah grup band The Mercy's di Medan. Bahkan sempat melakukan konser di dalam dan luar negeri. Meski sudah tiada, tetapi karyanya masih abadi hingga kini. 

3. Betharia Sonata 

Betharia Sonata, Artis penyanyi yang pernah viral di tahun 80-an. (Foto: IG)
Betharia Sonata, Artis penyanyi yang pernah viral di tahun 80-an. (Foto: IG)

Perempuan bernama asli Sri Betharia Sonata ini, memulai kariernya di industri hiburan sejak tahun 1981. Lagu Betharia yang paling populer adalah ‘Hati Yang Luka’. Lagu tersebut pernah hit di tahun 1980 hingga 1990-an dan mengantarkannya meraih Golden Kaset HDX untuk album berjudul sama. Betharia yang kini mantap berhijab dikenal sebagai salah satu penyanyi lagu-lagu melankolis Tanah Air bersama dengan artis lawas lainnya seperti Nia Daniaty, Obbie Messakh, dan Rinto Harahap.4. Eddy Silitonga

Artis penyanyi yang pernah viral di tahun 80-an lainnya adalah Eddy Silitonga. Penyanyi bernama lengkap Charles Edison Silitonga lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara dikenal sebagai penyanyi dengan suara tinggi dan mampu menyanyikan berbagai genre lagu.

Eddy Silitonga pernah menjuarai lomba seriosa pada tahun 1967 dan juga mahir dalam menyanyikan lagu pop. Ada sekitar puluhan lagu dan album karyanya yang abadi hingga kini. Termasuk lagu berjudul ‘Biarlah Sendiri’ yang mengantarkannya pada puncak ketenaran pada tahun 1976.

5. Nindy Ellesse

 Nindy Ellesse bersama sang suami. (Foto: IG)
Nindy Ellesse bersama sang suami. (Foto: IG)

Artis penyanyi yang pernah viral di tahun 80-an terakhir adalah Nindy Ellesse. Lahir 16 April 1967, Nindy merupakan penyanyi, aktris, presenter, penulis, politikus, dan pendeta berkebangsaan Indonesia. Penyanyi dari label rekaman JK Records ini terkenal dengan lagu-lagunya antara lain ‘Naluri Seorang Wanita’ dan ‘Biarkanlah Hujan Turun’. 


Kini penyanyi cantik yang pernah bergabung dengan Trio Glamendys (Gladys Suwandhi, Mega Selvia dan Nindy Ellese) sudah meninggal dunia, setelah lama berjuang dari kanker. Sebelumnya Nindy sempat aktif di dunia politik, perempuan dengan nama lengkap Nindyani Karyawati Pattikawa tutup usia, 2 Januari 2022 di usia 54.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Bagikan Artikel: