7 Artis yang Dituduh Melecehkan Agama Islam, Andre Taulany hingga Nikita Mirzani

Rilo Pambudi ยท Kamis, 26 Mei 2022 - 22:28:00 WIB
7 Artis yang Dituduh Melecehkan Agama Islam, Andre Taulany hingga Nikita Mirzani
Sejumlah artis yang dituduh melecehkan agama Islam (Foto:Instagram @andreastaulany)

JAKARTA, iNews.id - Ada sejumlah artis yang dituduh melecehkan agama Islam. Sebagaimana diketahui, isu agama menjadi ranah yang cukup sensitif.

Sekali kepleset lidah saja bisa berujung pada tudingan penghinaan umat tertentu. Beberapa tuduhan pelecehan pernah muncul setelah para artis berikut ini melontarkan ungkapan kontroversial yang dianggap nista oleh sebagian pihak.

Para artis tersebut bahkan hampir dijebloskan ke bui sebelum akhirnya mereka memberikan klarifikasi dan minta maaf. Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Sabtu (5/21/2022), berikut ini adalah artis yang dituduh melecehkan agama Islam.

1. Andre Taulany

Komedian Andre Taulany pernah dituduh melecehkan umat Islam setelah dirinya secara tak sengaja melontarkan guyonan ketika membahas tentang Nabi Muhammad. Hal tersebut terjadi saat Andre Taulany menjadi pemandu acara di sebuah tayangan televisi. Akibatnya, sahabat Sule itu sempat dilaporkan ke polisi oleh PA 212.

Selain itu, Andre Taulany juga pernah dianggap menghina dua pemuka agama, yakni Ustaz Abdul Somad dan Ustad Adi Hidayat.  Pernyataannya tersebut sempat ramai menjadi sorotan hingga akhirnya Andre meminta maaf dan mengklarifikasi jika dirinya sama sekali tidak bermaksud menghina islam ataupun pemuka agama.

2. Ernest Prakasa

Komika, aktor, sekaligus sutradara Ernest Prakasa juga pernah terlibat dalam kasus dugaan pelecehan agama Islam. Ia pernah mendapatkan kecaman lantaran melontarkan pernyataan kontroversial tentang seorang tokoh agama Islam terkenal, Zakir Naik. 

Hal itu bermula ketika Zakir Naik dirumorkan akan datang ke Indonesia dan bertemu dengan Jusuf Kalla. 

Terkait isu tersebut, Ernest lantas menulis cuitan di Twitter terkait kontroversi Zakir Naik. Sayangnya, cuitan itu justru berujung pada pemboikotan dirinya sebagai model iklan sebuah produk. Ernest akhirnya meminta maaf dan menghapus cuitan tersebut.

3. Joshua Suherman

Mantan artis cilik, Joshua Suherman, merupakan salah satu pesohor Tanah Air yang pernah dituding melecehkan agama Islam. Hal itu bermula dari video roasting Joshua kepada Cheryl, salah seorang mantan anggota Cherrybelle. 

Akibatnya, Joshua dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Forum Umat Islam Bersatu (FUIB).

4. Ge Pamungkas

 
Komika lain yang juga pernah dituduh melecehkan Islam adalah Ge Pamungkas. Ge Pamungkas dianggap melecehkan Islam setelah ia membawakan materi komedi banjir di Jakarta. Ge Pamungkas kepleset lidah dan dianggap menyinggung agama Islam.

Akibatnya, Ge Pamungkas juga sempat dilaporkan dan membuat klarifikasi bahwa dirinya tidak bermaksud untuk menistakan agama Islam dan Allah SWT. 

5. Uus

Pada 2016, Uus pernah dibully habis-habisan lantaran menyinggung soal cewek-cewek berhijab yang menangis ketika nonton konser Kpop. Tak cuma itu saja, Uus juga sempat dianggap melecehkan ulama hingga dirinya diboikot dari salah satu stasiun televisi.

6. Putri Anne

Pada tahun 2021 lalu, Putri Anne disebut-sebut telah lecehkan agama Islam khususnya bacaan Syahadat. Tudingan tersebut berawal dari unggahan Instagram Stories Anne yang diunggah kembali oleh akun @yollaalghsani1702. 

Dalam video tersebut, istri Arya Saloka itu tampak bergurau dengan teman-temannya tentang Syahadat. Sejumlah pihak pun mengecam Putri Anne karena telah dianggap melecehkan agama Islam.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda