Alasan Psikologis di Balik Pilihan Menjadi Cewek Mamba 

Siska Permata Sari · Jumat, 12 Agustus 2022 - 16:16:00 WIB
Alasan Psikologis di Balik Pilihan Menjadi Cewek Mamba 
Alasan Psikologis di Balik Pilihan Menjadi Cewek Mamba  (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Dalam psikologi warna, ketertarikan pada warna hitam (terutama dalam pakaian) sering kali diartikan sebagai keinginan untuk terlihat powerful. Saat seseorang lebih memilih untuk mengenakan pakaian serba hitam biasanya merupakan pesan bawah sadar kepada diri sendiri dan orang lain yang melihatnya. 

Wanita, khususnya sering memakai pakaian serba hitam, karena dirinya berusaha menjadi "lebih dari apa yang mereka tampilkan." Mereka ingin mengalihkan perhatian dari bagaimana dirinya melihat terhadap apa yang dilakukannya, atau siapa sesungguhnya mereka. 

Penelitian dalam psikologi warna menunjukkan bahwa preferensi untuk warna hitam menunjukkan prestise dan kekuasaan; seseorang yang memakai pakaian hitam menganggap dirinya merupakan pribadi yang serius. 

Karena mereka secara inheren ambisius, mereka ingin melindungi diri dari semua kritik dan rasa sakit potensial yang bisa datang dengan mengejar impian mereka. Orang-orang yang mengenakan serba hitam sering didorong, tetapi sensitif. 

Warna hitam juga sering dianggap paling menarik. Satu studi menunjukkan bahwa ini karena sering dilihat sebagai "serius" dan "dapat diandalkan," yang diterjemahkan menjadi percaya diri. Faktanya, hampir separuh wanita dan 64% pria setuju bahwa kulit hitam memancarkan kemandirian. 

Makanya, tak heran jika hitam menjadi warna dominan yang banyak digunakan orang saat perayaan Halloween. Ternyata, hitam adalah warna yang paling menarik, dapat membuat pemakainya menjadi percaya diri, memancarkan cahaya diri, dan menenangkan. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda