Cahaya Hati Indonesia

Allah Tempat Curhat Terbaik, Mengapa Dilupakan?

Diaz Abraham ยท Sabtu, 29 Desember 2018 - 07:27 WIB
 Allah Tempat Curhat Terbaik, Mengapa Dilupakan?

Program Tabligh Akbar Cahaya Hati Indonesia yang disiarkan iNews, Sabtu (29/12/2018) siang ini akan mengangkat tema tentang doa dan ikhtiar. (Foto: ilustrasi/AFP).

JAKARTA, iNews.id – Kehidupan tak lepas dari cobaan. Terkadang, masalah bisa datang beruntun dan terasa sangat menyesakkan. Banyak cara digunakan untuk lepas dari himpitan persoalan itu, di antaranya berkomunikasi dengan orang lain.

Mencurahkan isi hati (curhat) dianggap sebagai salah cara untuk melepaskan beban. Orang sering berharap mendapatkan pencerahan mengenai cara terbaik untuk menyudahi persoalan tersebut.

Sayangnya, terkadang kita kerap melupakan Allah SWT sebagai tempat curhat terbaik bagi setiap umat. Allah adalah sebaik-baik penolong.

Mencurahkan isi hati kepada Allah tentu saja dimaknai sebagai doa. Dengan segenap kekhusyukan, merendahkan segenap jiwa dan raga, dan keihklasan, berdoa menjadi gerbang untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Namun berdoa saja tentu tidak cukup. Umat diminta berusaha untuk mendapatkan keinginannya. Allah berfirman dalam Surat Ar-Ra’d ayat 11, “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.”

Ayat tersebut menegaskan bila seseorang menginginkan sesuatu harus melakukan usaha terlebih dahulu, inilah yang disebut dengan ikhtiar. Berikhtiar itu wajib, jadi siapapun yang melakukannya akan dicatatkan sebagai ibadah.

Selama berikhtiar, kita juga diwajibkan untuk terus menjaga harapan untuk mendapatkan sebuah keinginan sambil terus mengadu pada Allah tentang harapan-harapan tersebut. Cepat atau lambat segala keinginan itu akan terwujud.

Semua ajaran tersebut dapat disaksikan dalam program acara Cahaya Hati Indonesia pada Sabtu (29/12/2018).

Tiga mubaligh yang akan menjelaskan panjang tentang doa dan ikhtiar ini yaitu Ustaz Amir Faishol, Ustaz Azhari Nasution, dan Kang Rashied. Acara tersebut bisa disaksikan di iNews pukul 13.00-14.30 WIB.

Editor : Zen Teguh