Anak Pertama Diberi Nama Air Rumi Akbar 1453, Begini Harapan Ammar Zoni dan Irish Bella

Rizqa Leony Putri ยท Senin, 28 September 2020 - 10:19:00 WIB
Anak Pertama Diberi Nama Air Rumi Akbar 1453, Begini Harapan Ammar Zoni dan Irish Bella
Irish Bella bahagia dikaruniai anak laki-laki. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pasangan selebriti Ammar Zoni dan Irish Bella kini tengah berbahagia dengan kehadiran anak pertamanya, Air Rumi Akbar 1453. Bayi berjenis kelamin laki-laki ini dilahirkan Irish melalui proses persalinan caesar.

Memiliki nama anak yang begitu unik, membuat Amar dan Irish diberondong banyak pertanyaan oleh warganet soal makna dari nama tersebut. Melalui video yang diunggah pada kanal YouTube Aish TV, Ammar dan Irish pun memberikan penjelasan mengenai arti yang terkandung dalam nama anaknya.

"Air itu sumber kehidupan, penuh manfaat. Jadi memang, harapan kami dari abang Air ini Insyaallah kelak di masa depannya nanti sudah besar, dia jadi sumber kehidupan bagi semua orang," kata Ammar seperti dikutip iNews.id pada Senin (28/9/2020).

Ammar menjelaskan bahwa nama Air dimaknainya sebagai sebuah harapan agar sang anak dapat menjadi sumber kehidupan bagi banyak orang. Tak hanya itu, keduanya pun berharap agar sang anak dapat menjadi siapa pun, layaknya air yang dapat menyesuaikan berbagai tempat.

"Juga bisa jadi bermanfaat untuk semua orang dan dia juga mempunyai jiwa yang rendah hati. Mengalir terus, dia bisa menjadi siapa pun. Seperti air yang ketika ditaruh di gelas, dia akan menjadi gelas. Ketika ditaruh di dalam bak, dia akan menjadi bak," ujar Ammar.

“Jadi apa pun dia intinya shapeless, formless," kata Irish menambahkan.

Sementara itu, nama Rumi diakui Ammar berasal dari tokoh sufi favoritnya Jalaluddin Rumi. Ammar berharap kelak sang putra dapat memaknai arti cinta kepada Tuhannya dan sesama manusia.

"Rumi, karena saya suka sekali tokoh sufi Jalaluddin Rumi, syair-syairnya begitu bagus, ya kami berharap dia juga bisa menjadi filosofi bagaimana mencintai kepada sang pencipta, dan bagaimana mencintai sesama manusia," ujar Ammar.

Selain itu, dalam bahasa Sansekerta, Ammar bermakna tampan. Oleh karena itu, selain berjiwa lembut dan bijaksana, Ammar dan Irish mendoakan agar sang anak dapat tumbuh dan besar menjadi anak yang tampan.

"Jadi, dia mempunyai jiwa yang lembut dan bijaksana. Rumi pun juga arti dari bahasa Sansekerta adalah tampan, daya tarik. Selain bijaksana, dia juga tampan seperti bapaknya," katanya.

Sementara itu, Akbar diberikan dari nama Ammar sendiri. Dia memang menginginkan untuk menyelipkan nama tersebut pada seluruh anak laki-lakinya kelak.

"Akbar karena nama saya itu kan sebenarnya Muhammad Ammar Akbar.  Jadi, saya ingin semua anak saya yang laki-laki Insyaallah akan saya taruh belakangnya itu Akbar. Akbar itu juga punya arti ‘besar’ ya," ujar Ammar.

Tak ketinggalan, pemberian angka 1453 yang selalu menjadi pertanyaan bagi berbagai pihak. Ammar menjelaskan bahwa di tahun tersebut, diceritakan bahwa akan ada seorang pemimpin yang akan menjadi sebaik-baiknya pemimpin dan menakklukan Konstantinopel.

"Kenapa ada angkanya 1453, di situ adalah saksi sejarah di mana Muhammad Sultan Al Fatih yang menaklukkan Kota Konstantinopel yang sekarang ini berganti menjadi nama Istanbul atau Turki," kata Ammar.

"Dan di tahun 1453 itu juga sudah pernah dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW, akan ada seorang pemimpin yang sebaik-baiknya pemimpin dan sebaik-baiknya pasukan. Dia lah yang akan menaklukkan Konstantinopel," ucapnya.

Editor : Tuty Ocktaviany