Apa Kabar Mutiara Sani, Artis Lawas Era 70-an yang Tinggalkan Dunia Film untuk Eksis Berpolitik

Melati Pratiwi ยท Minggu, 14 Agustus 2022 - 15:20:00 WIB
Apa Kabar Mutiara Sani, Artis Lawas Era 70-an yang Tinggalkan Dunia Film untuk Eksis Berpolitik
Mutiara Sani artis era 1970-an. (foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Bicara soal artis lawas era 1970-an yang punya segudang karya, rasanya kurang lengkap jika tak menyebut nama Mutiara Sani. Sosoknya dahulu kerap menghiasi film maupun pertunjukan drama. 

Ya, aktris yang kini beralih profesi menjadi politisi ini mengawali karier sebagai pemain teater. Pada 1970, Mutiara Sani bergabung dalan teater populer pimpinan Teguh Karya.

Berkecimpung di dunia peran teater membuat Mutiara bertemu dengan mendiang suaminya, Asrul Sani. Semasa hidup, sang suami Asrul dikenal sebagai seorang sutradara kawakan.

Sejak dinikahi oleh Asrul pada 1972, Mutiara kerap kali mendapat kesempatan membintangi film-film garapan sang suami. Sebut saja film fenomenal berjudul Bulan di Atas Kuburan yang diproduksi 1973 silam.

Kecintaan Mutiara pada dunia seni peran membuatnya tertarik untuk mendirikan sendiri sanggar pelakon di tahun 1984. Sejak saat itu , drama karya suaminya kerap muncul di televisi dan Muti pun turut serta menjadi bintang di dalamnya. Buka hanya satu atau dua judul drama, di masa kejayaannya Mutiara Sani banyak bermain dalam film televisi antara lain Mahkamah, Gersang, dan Gerhana Terpanjang.

Tak hanya sebagai pkemain sinetron dan film, Mutiara Sani juga membangun sanggar untuk para seniman. Sayangnya sanggar sempat vakum saat Asrul Sani tutup usia pada 11 Januari 2004. Meski begitu, Mutiara berusaha bangkit dan menghidupkan kembali sanggar miliknya.


Dari Dunia Peran Menjadi Politisi

Merasa sudah waktunya untuk mencari pengalaman baru, Mutiara Sani pun mencoba profesi lain. Jika dahulu title yang tersemat dalam diri Mutiara Sani adalah aktris berbakat,, kini pemilik nama Mutiara Sarumpaet itu fokus berkarier sebagai politisi. Pada 2014 hingga 2018 Mutiara Sani menjadi bagian dari Parta Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra.

Bersama Gerindra, dia pernah maju mencalonkan diri sebagai anggota legislatif DPRD Kalimantan Barat pada 2014. Namun sayangnya, langkah sang aktris gagal. Lepas dari Gerindra, Mutiara masih tetap memilih jalur politik. Mutiara saat ini menjadi politisi dari partai Hanura sejak 2019.

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda