Apa Kabar Zoraya Perucha Artis Cantik Era 1980-an, Berangkat dari Atlet Renang Jadi Bintang Film

Siska Permata Sari · Senin, 16 Agustus 2021 - 12:03:00 WIB
Apa Kabar Zoraya Perucha Artis Cantik Era 1980-an, Berangkat dari Atlet Renang Jadi Bintang Film
Nama Zoraya Perucha tentu sudah tidak asing bagi pecinta olahraga dan industri perfilman Indonesia pada era 1980-an. (Foto: Instagram/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Nama Zoraya Perucha tentu sudah tidak asing bagi pecinta olahraga dan industri perfilman Indonesia pada era 1980-an. Dia adalah mantan atlet renang nasional yang juga menceburkan diri ke dunia seni peran.

Perempuan kelahiran 30 Juni 1956 ini pernah mewakili Indonesia dalam olahraga renang. Keahliannya di olahraga tersebut, diketahui berkat sang ayah, Yusharyahya Nasution, yang melatih dan mengembangkan bakatnya.

Terlepas dari kariernya sebagai seorang atlet renang, Zoraya mulai terjun ke dunia film di era 1980-an. Saat itu, perempuan yang akrab disapa Ucha tersebut baru pulang dari Amerika Serikat (AS) ke Indonesia. Dia diajak main film berjudul Yang (1983) sutradarai Ami Prijono.

Di film pertamanya itu, Ucha menjadi pemeran utama beradu akting dengan aktor top Rano Karno. Tak disangka, debutnya di film tersebut justru mendapat sambutan baik. Dia masuk nominasi di kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik pada Festival Film Indonesia (FFI) 1984.

Tak hanya itu, kejutan lain datang di tahun yang sama. Ucha menikah dengan sutradara ternama, Sjuman Djaya. Di tahun berikutnya, Ucha juga terlibat dalam pembuatan film sang suami berjudul Opera Jakarta dibintangi Ray Sahetapy, Deddy Mizwar, Soekarno M Noor, Ida Kusumah, Nani Widjaja, Rano Karno, Minati Atmanegara, hingga Joice Erna.

Film ‘Opera Jakarta’ itu menjadi film terakhir Sjuman Djaya sebelum meninggal dunia pada 19 Juli 1985. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: