Ateng Pelawak Legendaris Berdarah Tionghoa, Bakatnya Ditemukan Pengasuh Sekolah

Muhammad Sukardi · Jumat, 30 Juli 2021 - 17:01:00 WIB
Ateng Pelawak Legendaris Berdarah Tionghoa, Bakatnya Ditemukan Pengasuh Sekolah
Ateng pelawak legendaris yang memiliki darah Tionghoa bakat melucunya ditemukan pertama kali oleh seorang pengasuh sekolah. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Ateng merupakan salah seorang pelawak atau komedian yang namanya masyhur di Tanah Air era 1970-an hingga 1980-an. Banyolan dan aksi konyolnya selalu mengundang gelak tawa.

Secara fisik, Ateng pun punya kekhasan yang mungkin bagi sebagian orang sudah bisa bikin perut sakit. Ya, komedian legendaris itu bertubuh mungil, agak tambun, dengan potongan rambut poni dan karakter ini menjadi 'signature' kebanggaannya.

Ateng yang memiliki nama asli Kho Tjeng Lie terjun ke dunia komedi saat duduk di bangku SMA. Pengasuh sekolahnya, Mohammad Said, yang pertama kali melihat potensi besar tersebut.

Dibawalah Ateng yang berdarah Tionghoa itu ke Pak Kasur untuk ikut siaran Panggung Gembira di Studio V RRI. Berkat aksinya di program itu nama Ateng terus melesat tinggi sampai nasib membawanya berkenalan dengan Bing Slamet.

Ateng diketahui terus mengasah dirinya sebagai pelawak. Grup lawak bernama 'Tos Kejeblos' dia dirikan bersama Drajat. Kelompok lawak itu aktif sepanjang 1961 hingga 1963.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2