Begini Rangkaian Tradisi Cucuk Lampah, Simbol Tolak Bala saat Syukuran Atta Aurel

Riezky Maulana · Sabtu, 03 April 2021 - 23:09:00 WIB
Begini Rangkaian Tradisi Cucuk Lampah, Simbol Tolak Bala saat Syukuran Atta Aurel
Atta dan Aurel saat syukuran. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Kebahagiaan tengah menyelimuti padangan Atta Halilintar dan Aure Hermansyah. Setelah melewati prosesi akad nikah, Sabtu (3/4/2021) siang, Aurel dan Atta menggelar syukuran malam harinya. 

Bertema "Syukuran Ikatan Cinta Atta & Aurel Syukuran Akad" tersebut digelar di Ballroom Hotel Rafless, Jakarta dan disiarkan langsung oleh MNC TV. 

Tradisi Cucuk Lampah mengawali prosesi syukuran tersebut. Cucuk Lampah sendiri adalah tradisi pernikahan adat Jawa sebagai simbol tolak bala bagi pengantin dan keluarganya.

Saat prosesi tersebut, tampak penari Cucuk Lampah berada di barisan paling depan menuntun keluarga kedua mempelai masuk ke ruang Ballroom Hotel Raffles yang diawali oleh wali Atta Halilintar, Aryo Tejo dan Hestia Faruk.

Prosesi lalu dilanjutkan dengan masuknya ayah dan ibunda Aurel, Anang Hermansyah dan Ashanti dan disusul ibu kandung Aurel, Krisdayanti yang didampingi Azriel Hermansyah.

Anggota keluarga lain yang turut dalam prosesi adalah adik Atta, Thoriq Halilintar dan kedua adik Aurel, Arsyi serta Arsya Hermansyah.

Ekspresi wajah bahagia tampak dari seluruh keluarga kedua mempelai yang hadir di prosesi tersebut. Sambil berjalan pelan dituntun penari Cucuk Lama, mereka memasuki Ballroom Hotel Raffles sambil menebar senyum.

Tradisi Cucuk Lampah sendiri memang sudah jarang terlihat di pernikahan-pernikahan saat ini. Aurel dan Atta tampaknya ingin kembali menghadirkan tradisi yang menjadi kekayaan budaya asli Indonesia itu. agung bakti sarasa

Editor : Dyah Ayu Pamela