Berikut Tips dari Para Pakar agar Sukses Menjadi Pembuat Konten

Diaz Abraham ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 07:00 WIB
Berikut Tips dari Para Pakar agar Sukses Menjadi Pembuat Konten

Feel Koplo, grup musik satu ini membuat konten mengenai pentingnya memperhatikan kesehatan. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Atta Halilintar merupakan pria yang melejit namanya karena ahli dalam membuat konten di situs berbagi video, YouTube. Berkat kreativitasnya, ia mampu meraup pundi-pundi rupiah bahkan karya terbarunya selalu ditunggu oleh para penggemar.

Banyak cara agar menjadi pembuat konten terkenal dan menarik untuk diaksikan. Country Manager Strategic Partnership Youtube Indonesia Geri Azriel Siddik mengungkapkan bila konsistensi menjadi kunci menjadi conten creator ulung.

"Menjadi YouTube creator yang sukses di Indonesia, tadi paling penting adalah konsistensi di YouTube. Konsistensi dari segi jadwal, format konten, atau personality-nya. Intinya adalah bagaimana cara kita buat orang ingin subscribe," tuturnya beberapa waktu lalu ketika memberikan materi dalam acara workshop mobile journalism, di iNews Tower, Jakarta.

Menurutnya ada 10 point yang harus diperhatikan untuk membuat konten video menarik dan bagus yakni shareability (dapat dibagikan), conversation (percakapan), interactivity (interaktivitas), consistency (konsistensi), targeting (target), sustainable (berkelanjutan), discoverability (dapat ditemukan), accessibility (aksesibilitas), collaboration (kolaborasi), dan inspiration (inspirasi).

"Lima dari 10 poin ini merupakan yang terpenting, shareability, conversation, consistency, sustainable, dan discoverability," kata Geri.

Country Strategic Partnership Manager YouTube Indonesia Wafa Taftazani menambahkan, para YouTuber harus mengenal potensi atau keahliannya agar lebih natural dan asli. Pengenalan itu harus digali sehingga tidak sekadar menjadi peniru.

"Jangan sekedar ngikutin konten yang sedang viral. Membuat hal unik itu kuncinya," katanya dalam kesempatan serupa.

Dia melanjutkan, dari segi kemampuan analisis, menjadi kreator tak hanya membuat konten tapi dapat menguasai data dan tools di YouTube misalnya impression, views, dan watchtime. Kreator harus bisa mengidentifikasi mana konten yang bekerja berdasarkan data yang mereka punya.

Tak jarang para pembuat konten ini memanfaatkan kreativitasnya untuk mengkampanyekan banyak hal penting yang luput diperhatikan oleh masyarakat. Salah satunya yakni Feel Koplo, grup musik satu ini membuat konten mengenai pentingnya memperhatikan kesehatan.

Menilik dari gaya hidup generasi milenial yang suka minum kopi dan merokok, mereka memanfaatkan situs YouTube sebagai sarana edukasi masyarakat mengenai pentingnya kesehatan lambung dalam video berjudul 'Sobat Perih'.

Melalui musik koplo dan penyajiannya cukup ringan ringan, hingga tulisan ini dibuat setidaknya 107 ribu warganet menyaksikannya dan sekitar 3000 diantaranya menyukai unggahan tersebut.


Editor : Tuty Ocktaviany