Ditinggal Sejak Kecil, Reza Rahadian Sebut sang Ayah Sudah Meninggal dan Tak Pernah Kenal Wajahnya

Vania Ika Aldida ยท Kamis, 08 April 2021 - 11:46:00 WIB
Ditinggal Sejak Kecil, Reza Rahadian Sebut sang Ayah Sudah Meninggal dan Tak Pernah Kenal Wajahnya
Reza Rahadian. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Aktor Reza Rahadian bicara jujur melalui Youtube Channel milik Daniel Mananta. Pemain film “Perempuan Berkalung Sorban” tersebut bahkan membongkar kisah hidupnya termasuk soal keluarganya.

Dibesarkan orang tua tunggal, Reza mengaku merasa lengkap lantaran melihat bagaimana perjuangan ibunya membesarkan dia dan juga adik sambungnya. Bahkan soal ayah kandungnya, Reza mengaku tak tahu sama sekali seperti apa sosok ayahnya, hingga sempat mengatakan bahwa pria tersebut sudah meninggal dunia.

"Gue tuh dibesarkan di keluarga yang menurut gue 'lengkap' dalam tanda kutip. Karena menurut gue nyokap gue tuh berperan dengan luar biasa baik sebagai seorang ibu atau sebagai seorang 'ayah' dalam hidup gue. Dibesarkan oleh ibu tunggal," ungkap Reza Rahadian dalam Daniel Tetangga Kamu.

"Kalo mungkin lo pernah denger gue bercerita atau lo mendengar di suatu tempat gue pernah ngomong bokap gue meninggal saat gue kecil, itu adalah sebuah cerita yang karena gue enggak tau gue mesti jawab apa untuk membuat orang berhenti bertanya," ujarnya.

Bintang film Habibie Ainun ini mengaku bahwa hingga dirinya berusia lebih dari 30 tahun, dia sama sekali belum pernah berjumpa dengan ayah kandungnya. Namun dia menyebut kalau sang ibu sempat mengatakan bahwa ayahnya memiliki beberapa kesamaan dengan dirinya.

"Karena sejujurnya aku enggak tahu. Gue enggak tahu apakah bokap gue masih hidup, atau beliau udah meninggal. Aku enggak punya petunjuk apapun. Gue bahkan enggak tau rupanya seperti apa, wujudnya bagaimana, gue nggak tau. Karena beliau udah meninggalkan ibu gue dari gue sangat belia, 5-6 bulan," kata Reza.

"Jadi gue nggak punya gambaran sama sekali tentang dia. Hanya dari cerita ibu gue, dia punya alis yang sama kayak kamu, dia punya sorot mata yang hampir mirip. Mungkin karena Timur Tengah tapi seperti apa gue enggak tahu," ujarnya lagi.

Meski lahir dan dibesarkan tanpa sosok ayah, Reza mengaku bersyukur. Terlebih, ia melihat betul bagaimana ibunya berjuang mati-matian demi anaknya dan tidak pernah mengeluhkan kejadian saat dirinya ditinggal pergi oleh suaminya.

"Jadi mungkin di kesempatan ini gue bisa bilang bahwa gue nggak punya gambaran bokap gue seperti apa. Dan menurut gue, dibesarkan oleh seorang ibu tunggal memberikan suatu pendidikan yang luar biasa tentang rasa empati, perjuangan, karena gue lihat itu semua di nyokap gue komplit," tuturnya.

"Dia tuh single fighter yang gila banget. Dia berjuang buat anaknya dua dengan peristiwa yang sama, dua-duanya ini, yang kedua ini gagal juga dan hilang. Jadi menurut gue dia wanita yang kuat dan mandiri banget dan tidak pernah merasa dirinya susah ataupun sedih-sedihan, karena menurut dia ya itu pengalaman hidup yang udah Tuhan kasih buat dia, harus dia lewatin," tuturnya lagi.

Editor : Dyah Ayu Pamela