Fakta-Fakta Irrfan Khan, Aktor Bollywood yang Meninggal Dunia

Siska Permata Sari ยท Rabu, 29 April 2020 - 15:41:00 WIB
Fakta-Fakta Irrfan Khan, Aktor Bollywood yang Meninggal Dunia
Irrfan Khan, aktor Bollywood meninggal dunia. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Industri perfilman Bollywood tengah berduka. Aktor Bollywood, Irrfan Khan, yang terkenal lewat film Life of Pi dan Slumdog Millionaire, meninggal dunia di usia 53 tahun.

Agennya melaporkan bahwa Khan meninggal di sebuah rumah sakit di kota barat Mumbai. Demikian dikutip dari BBC UK, Rabu (29/4/2020).

“Irrfan Khan dikelilingi oleh cintanya, keluarganya yang paling dia sayangi, dia pergi ke surga, meninggalkan warisannya sendiri. Kita semua berdoa dan berharap bahwa dia beristirahat dalam damai,” tulis perusahaan PR-nya, seperti dilansir dari BBC.

Berikut ragam fakta Irrfan Khan, seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Meniti karier dari India ke Hollywood

Sahabzade Irrfan Ali Khan atau Irrfan Khan adalah aktor film India yang dikenal karena karya-karyanya yang pada umumnya berada di sinema Hindi. Tak hanya di Bollywood, Khan juga dikenal karena karya-karyanya dalam film-film Inggris dan Hollywood.

Beberapa film Hollywood yang dibintanginya adalah Life of Pi, Jurassic World, dan Slumdog Millionaire.

2. Meraih penghargaan Padma Shri

Pada 2011, Khan dianugerahi Padma Shri, penghargaaan sipil tertinggi keempat di India atas jasa-jasanya dalam bidang seni rupa. Dia juga sempat menjadi tamu kehormatan dalam Festival Film India River to River Florence 2014.

3. Meraih penghargaan di bidang film

Khan dikenal karena penampilannya yang bersahaja, dengan banyak yang menjulukinya sebagai salah satu aktor paling berbakat di India. Pada 2013, dia memenangkan Penghargaan Film Nasional India untuk peran utamanya di Paan Singh Tomar, film biografi tentang seorang atlet papan atas yang menjadi bandit.

4. Menderita tumor sebelum meninggal

Pada 2018, sang aktor memposting di Twitter bahwa dia telah didiagnosis menderita tumor endokrin, penyakit langka yang memengaruhi sel-sel yang melepaskan hormon ke dalam aliran darah. Khan kemudian menjalani perawatan di rumah sakit London.

Dua bulan setelah mengumumkan diagnosisnya, Khan menulis surat terbuka tentang pengalamannya dengan pengobatan kanker. Sebelum meninggal dunia, Khan sempat menjalani perawatan di Mumbai terkait infeksi usus besar.

Selamat jalan, Irrfan Khan.

Editor : Tuty Ocktaviany