Fakta-Fakta Kang Ibing, Pelawak Legendaris yang Menjadi Pendakwah hingga Akhir Hayat

Siska Permata Sari · Rabu, 15 September 2021 - 19:00:00 WIB
Fakta-Fakta Kang Ibing, Pelawak Legendaris yang Menjadi Pendakwah hingga Akhir Hayat
Kang Ibing, pelawak legendaris era 1970-an. (Foto: IG)

3. Lulusan Sastra Rusia

Meski terkenal dengan bobodoran Sunda, rupanya Kang Ibing merupakan lulusan Sastra Rusia di Fakultas Sastra Universitas Padjajaran, Bandung, lho! Selama menjadi mahasiswa, pria kelahiran 20 Juni 1946 ini juga aktif menjadi Penasehat Departemen Kesenian hingga Staf Asisten Dosen Fakultas Sastra Unpad.

4. Menjadi pendakwah

Selain sebagai seorang aktor dan pelawak, Kang Ibing juga terkenal sebagai pendakwah. Bermula dari suatu ketidaksengajaan, Kang Ibing akhirnya kerap diundang sebagai penceramah di kota Bandung, luar Jawa, hingga luar negeri. Diketahui, sebelum meninggal dunia, Kang Ibing sempat memberikan ceramah di Korea Selatan.

5. Meninggal mendadak

Pada tahun 2010, tepatnya pada 19 Agustus, Kang Ibing mengembuskan napas terakhirnya di usia 64 tahun. Anaknya, Mega Kusmananda, mengatakan, sang ayah masih sehat sebelum meninggal dunia. Saat itu, sang ayah baru pulang dari Sumedang, lalu terjatuh tak sadarkan diri di kediamannya di Bandung. 

“Kalau dibilang Kang Ibing sakit atau apa, enggak ada. Cuma memang ada penyakit bawaan, bawaannya yaitu jantung,” kata dia dikutip dari kanal YouTube Ruangkreasi TV, Rabu.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda