Dialog Bahana Kebangsaan

HUT Ke-75 RI, Romo Mudji Bicara Gambaran Ketahanan Budaya Indonesia

Rizqa Leony Putri ยท Senin, 17 Agustus 2020 - 22:50:00 WIB
HUT Ke-75 RI, Romo Mudji Bicara Gambaran Ketahanan Budaya Indonesia
Romo Mudji dan budayawan Edy Utama hadir di Dialog Bahana Kebangsaan. (Foto: iNews.id/Rizqa Leony)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia merupakan negara dengan beraneka ragam suku bangsa dan budaya. Ketahanan budaya bagi masyarakatnya, tentu dapat membentuk dan mempertahankan identitas Indonesia sebagai suatu bangsa.

Budayawan sekaligus rohaniawan Romo FX Mudji Sutrisno menggambarkan ketahanan budaya menjadi suatu strategi saat berhadapan dengan perubahan. Sementara budaya merupakan suatu hal yang membuat rakyat Indonesia dapat terus bertahan dari segala perubahan.

"Budaya itu apa? Kita berkumpul di sini, Anda mengundang kami semuanya. Kita bisa bertahan dalam pandemi ini, di rumah ibu mengajari anaknya, menjadi guru, itu semua nilai," tutur Romo Mudji dalam Dialog Bahana Kebangsaan di Studio 7 iNews.id, Gedung iNews Center, Jakarta, Senin (17/8/2020).

Romo Mudji mengatakan, nilai merupakan sesuatu hal yang menurut seseorang paling berharga dalam hidupnya. Maka di situlah letak budaya sebagai kemampuan bangsa Indonesia untuk terus bertahan dalam menghadapi perubahan.

"Nilai itu adalah apa yang paling berharga dalam hidup ini dan budaya ada di situ. Budaya adalah kemampuan kita yang berbeda suku dan lainnya, tapi membuat kita bertahan," kata dia.

Ketahanan budaya merupakan bagian dari ketahanan nasional, sehingga penting untuk menanamkan nilai-nilai kebudayaan dalam unit terkecil masyarakat, seperti keluarga. Hal tersebut agar nilai budaya dapat lebih tertanamkan dan tentunya diamalkan dalam menghadapi perubahan, seperti halnya situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Kalau saya mengatakan, mari di semua lini itu kita punya kantong-kantong kebudayaan dan paling pokok itu di keluarga," ujar Romo Mudji.

Dia pun mengimbau agar masyarakat dapat mengamalkan ketahanan budaya dengan hal yang paling sederhana dapat dilakukan. Seperti halnya membiasakan diri memakai masker sesuai dengan anjuran pemerintah.

"Kita mulai dari yang kecil. Mari kita mulai dengan yang sederhana ini. Ikutilah, pakai masker," kata dia.


Editor : Tuty Ocktaviany