Ibu Positif Covid-19 Boleh Menyusui Bayi, Ini Syaratnya Sesuai Anjuran WHO

Siska Permata Sari ยท Jumat, 07 Agustus 2020 - 15:22:00 WIB
Ibu Positif Covid-19 Boleh Menyusui Bayi, Ini Syaratnya Sesuai Anjuran WHO
Berikan ASI kepada buah hati. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperbolehkan ibu yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk menyusui buah hati mereka. Hal ini karena virus penyebab Covid-19 tidak menular melalui air susu ibu (ASI), melainkan dari droplet yang dikeluarkan lewat bersin atau batuk.

“Penularan Covid-19 melalui ASI dan menyusui belum terdeteksi hingga saat ini. Jadi, tidak ada alasan untuk menghindari atau berhenti menyusui,” demikian pernyataan WHO, seperti dilansir dari situs resminya, Jumat (7/8/2020).

Namun, ibu yang positif Covid-19 harus melakukan suatu protokol kesehatan sebelum menyusui bayinya. Hal ini untuk mencegah penularan virus dari ibu ke anak melalui droplet.

Berikut langkah-langkahnya sesuai anjuran WHO:

Cuci tangan

Sebelum menyentuh bayi, penting bagi sang ibu untuk mencuci tangan sesering mungkin dengan air dan sabun. Atau bisa juga menggunakan antiseptik berbasis alkohol.

Mengenakan masker medis

Ibu yang positif Covid-19 harus tetap memakai masker medis, termasuk ketika menyusui bayinya. Masker medis harus segera diganti setelah lembap dan segera dibuang. Masker juga tidak boleh digunakan kembali atau disentuh di bagian depan.

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2