Ingin Rebut Tahta Juara, Ruben Onsu Bertekad Lampaui Semua Rekor di Shopee Live
Antusiasme yang sangat besar dari pengguna Shopee dan fans The Onsu Family sudah terlihat dari sesi Shopee Live Ruben sebelumnya. Sesi Shopee Live Ruben selalu berjalan sukses dan dimeriahkan oleh komen-komen “Diskon dari ayah luar biasa”, “Aku sudah check-out produknya di toko kak Ruben”, “Toko kak Ruben paling banyak diskon”, dan masih banyak lainnya hingga selalu menjadikan @ruben_onsu sebagai Top Streamers Terlaris.
Ramai dan fantastisnya respon dari pengguna Shopee ini menjadi alasan Ruben kembali lagi dan menghadirkan sesi Shopee Live akan lebih meriah dan spesial di sesi Semua Diskon 50 persen Setiap Jam dengan berbagai promo yang yang tidak boleh dilewatkan.
Kesuksesan baru yang Ruben inginkan di Shopee Live ini tentu bukan hal yang sulit untuk diwujudkan. Bagaimana tidak, Shopee memiliki posisi yang kuat dalam peta persaingan e-commerce saat ini yang turut memberikan pengaruh signifikan bagi fitur Shopee Live sebagai fitur live streaming shopping.
Melalui riset dari Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” terungkap bahwa Shopee Live merupakan platform live streaming yang paling disukai (66 persen), melampaui para pesaingnya, seperti pemain baru TikTok Live (28 persen).
Hal ini selaras dengan paparan data, di mana Shopee Live memiliki pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi (56 persen), jauh melampaui para pesaing lainnya, seperti TikTok Live dengan persentase 30 persen.
Sejalan dengan persebaran preferensi masyarakat Indonesia saat berbelanja melalui fitur live streaming, di mana salah satunya mencari Live Shopping dengan penawaran paling menarik. Sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masih mengacu terhadap pencarian promosi atau penawaran menarik.
Promo-promo yang paling menarik menurut masyarakat adalah gratis ongkir (91 persen), diskon (87 persen), cashback (65 persen), voucher belanja (47 persen), special bundle (34 persen), dan exclusive product launch (20 persen).
Adapun persebaran preferensi terhadap penawaran menarik untuk masing-masing pemain antara lain:

Dari data hasil riset di atas, bisa disimpulkan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming dengan harga paling murah, promosi dan gratis ongkir terbanyak, serta fitur live streaming yang menawarkan diskon hingga cashback paling besar.
Dengan minat belanja masyarakat lewat live streaming shopping yang tinggi dan penawaran menarik masih menjadi daya tarik utama bagi masyarakat Indonesia, dapat disimpulkan bahwa Shopee Live masih memimpin sebagai destinasi masyarakat dalam live streaming shopping.
Bukti-bukti inilah yang membuat Ruben memilih untuk berkolaborasi dengan Shopee dan memutuskan fokus live streaming di Shopee Live. Jadi ga sabar nih, tunggu kejutan lainnya!
Editor: Rizqa Leony Putri