Intip Pameran Seni Lukis Lima Bintang di IFI yang Dibuka April Ini

Siska Permata Sari ยท Selasa, 02 April 2019 - 02:02:00 WIB
Intip Pameran Seni Lukis Lima Bintang di IFI yang Dibuka April Ini
Pameran seni lukis Lima Bintang yang dibuka oleh Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id - Pameran seni lukis Lima Bintang dari lima orang seniman lukis Indonesia bertajuk 'Emansipasi' baru saja dibuka awal April 2019. Lima seniman yang memanjangkan karya-karya seninya adalah Remy Sylado, Mas Padhik, Maria Tiwi, Kembang Sepatu, dan Ipong Purnama Sidhi.

Dibuka pada Senin 1 April 2019 oleh Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina, pameran seni lukis yang mengusung tema 'Emansipasi' ini berlokasi di Institut Français d' Indonésie (IFI), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Masing-masing dari para seniman lukis ini menampilkan beberapa karya-karyanya.

Ipong Purnama Sidhi, misalnya. Perupa kelahiran Yogyakarta ini menciptakan karya bernama 'Old Soldier Never Die' dan 'Sekuntum Bunga'.

Kemudian Kembang Sepatu atau Setyo Purnomo mengekspresikan karya romantisme berjudul 'Ciuman Terakhir' dan 'Cinta Sejati’.

Ada pula lukisan-lukisan dengan media akrilik berjudul 'Learning' dan 'Dimention' karya Maria Tiwi. Setelah itu ada Mas Padhik, Seniman asal Bandar Lampung yang menampilkan karya lukis 'Keheningan' dan 'Buddhist'.

Terakhir, ada Remy Sylado atau pelukis sekaligus sastrawan Indonesia bernama asli Yapi Tambayong dengan karya yang menampilkan lekuk, serta siluet perempuan yang berjudul 'Q.TA Satu' dan 'Q.TA Dua'.

Pameran seni lukis 'Emansipasi' ini sendiri memang sengaja digelar untuk memperingati hari RA Kartini pada 21 April mendatang. Itu pula yang menyebabkan pameran ini mengajak Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina untuk membuka pameran tersebut.

"Saya merasa bersyukur bisa diajak membuka pameran ini. Yang menarik dari pameran IFI adalah tema yang diangkat yaitu emansipasi. Mereka para seniman mengadakan (pameran ini) dalam rangka Hari Kartini," kata Alya setelah membuka pameran di IFI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2019).

Pameran seni lukis Lima Bintang yang bertajuk 'Emansipasi' ini akan hadir setiap hari di IFI, Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sejak 1 April hingga 30 April 2019.

Editor : Tuty Ocktaviany