Jalani LDR dengan Pasangan, Ini Keuntungannya

Okezone ยท Senin, 13 April 2020 - 17:32 WIB
Jalani LDR dengan Pasangan, Ini Keuntungannya

Nikmati waktu me time. (Foto: Ilustrasi AFP)

JAKARTA, iNews.id – Tidak sedikit pasangan yang menjalani Long Distance Relationship (LDR) atau hubungan jarak jauh. Tak sedikit pasangan menyerah karena hal ini tidak mudah untuk dilakukan.

Sama seperti hubungan asmara normal, hubungan jarak jauh punya kelebihan di berbagai sisi. Tapi juga hadir dengan berbagai kekurangannya sendiri.

Dilansir dari Huffingtonpost dan Allwomenstalk, berikut kelebihannya hubungan asmara jarak jauh.

1. Tak melulu harus selalu hadir

Ya, keuntungan pertama di LDR adalah tidak seorang pun bisa menghakimi kamu karena “tidak hadir” untuk pasangan. Pasalnya secara fisik dan geografis, kamu berjauhan dengan pasangan. Tidak melulu harus hadir setiap detik tiap saat, berarti kamu punya day off alias waktu senggang.

2. Belajar untuk berkomunikasi secara efektif

Mengingat tak bisa menghabiskan waktu sebanyak pasangan yang tidak LDR, hubungan asmara jarak jauh secara langsung mengajarkan kamu untuk bisa berkomunikasi secara lebih efektif dan efisien, setiap kali berkomunikasi dengan pasangan. Sehingga percakapan yang kamu miliki bersama pasangan terasa lebih nyata, berisi dan berkualitas.

Dalam studi penelitian oleh Cornell University mengungkapkan pasangan non-LDR kebanyakan memiliki percakapan biasa sehari-hari. Beda dengan pasangan LDR yang cenderung punya percakapan lebih lama, lebih dalam, dan lebih memiliki makna.

3. Jago membuat rencana

Hubungan jarak jauh membutuhkan banyak komunikasi. Nah, komunikasi ini adalah bentuk hasil perencanaan yang rumit. Contohnya, bukan hanya percakapan menyusun rencana mengunjungi satu sama lain, tapi juga rencana jangka panjang.

4. Diri dan pasangan banyak memiliki waktu untuk diri sendiri

Tidak bisa disangkal, ketika punya pasangan sebagian orang mungkin lebih banyak mencurahkan waktu dan energi untuknya. Lalu, lupa untuk mengurus diri sendiri. Nah, dengan LDR dan hidup berjauhan dengan pasangan, kamu jadi memiliki banyak waktu untuk diri sendiri atau me time, yang mana dibutuhkan oleh setiap orang.

5. Belajar mandiri

Hidup terpisah jauh dari pasangan adalah cara bagus untuk mempertahankan esensi dari siapa dirimu sebenarnya. Meskipun sebetulnya kamu punya pasangan dan menjalin suatu hubungan asmara. Kamu punya lingkup pertemanan, pekerjaan dan kehidupan sosial sendiri. Singkat kata, kamu menjadi tidak terlalu bergantung kepada pasangan. Demikian dikutip dari Okezone, Senin (13/4/2020).

Editor : Tuty Ocktaviany