Jojon Pelawak Legendaris, Merintis Karier Bersama Grup Jayakarta Bareng Uuk, Esther dan Cahyono

Siska Permata Sari · Jumat, 24 September 2021 - 12:01:00 WIB
Jojon Pelawak Legendaris, Merintis Karier Bersama Grup Jayakarta Bareng Uuk, Esther dan Cahyono
Jojon pelawak legendaris merintis kariernya sejak era 1970-an bersama tiga temannya. (foto: instagram)

JAKARTA, iNews.id - Jojon sudah menjadi legenda di industri hiburan Tanah Air, khususnya dunia lawak Indonesia. Sepak terjangnya di dunia komedi, tak perlu ditanya lagi, dia telah meniti kariernya sejak era 1970-an.

Menilik dari perjalanan kariernya, pria bernama asli Djuhri Masdjan ini mulai berkomedi bersama Jayakarta Grup. Ini merupakan grup lawak Indonesia yang populer di era 1970 dan 1980-an.

Di Jayakarta Grup, Jojon mengocok perut bersama tiga komedian lainnya, yakni Uuk, Suprapto atau Esther, dan Cahyono. Jayakarta Grup bersinar pada masanya di tengah persaingan yang cukup ketat dengan grup-grup lawak lainnya seperti Bagio CS dan Kwartet Jaya.

Di Jayakarta, Jojon sendiri memiliki ciri khas unik yang membuatnya gampang diingat. Mulai dari penampilan kumisnya yang bak Charlie Chaplin, celananya yang dinaikkan hingga ke atas perut, ikat pinggangnya yang unik, serta peran polosnya yang kerap menjadi korban kejahilan rekan-rekannya.

Sayangnya, masa emas Jayakarta Grup tidak panjang. Di era 1990-an, grup lawak ini mulai kehilangan satu per satu anggotanya. Jojon pun mulai memilih menjalani solo karier bersama ciri khas yang sudah dikenal banyak orang.

Tak sulit bagi Jojon eksis saat bersolo karier. Kemampuannya melawak, penampilannya yang ikonik, membuat dia mudah membuat penonton tertawa dan jatuh cinta dengan sosoknya.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: