Keren Banget, Dua Dokter UI Desain Baju untuk Tenaga Kesehatan Kece dan Fashionable

Elvira Anna · Minggu, 20 Maret 2022 - 09:30:00 WIB
Keren Banget, Dua Dokter UI Desain Baju untuk Tenaga Kesehatan Kece dan Fashionable
Dokter Universitas Indonesia menciptakan baju khusus yang nyaman, aman dan fashionable untuk tenaga kesehatan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Berkaca pada perjuangan tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi garda terdepan selama pandemi Covid-19, dua dokter dari Universitas Indonesia mendesain baju khusus yang nyaman. Baju jaga medis untuk nakes ini tak hanya fungsional, aman, nyaman dikenakan, tapi juga fashionable.

Dua dokter, dr Hansens Yansah, BMedSci (Hons.) dan dr Jessica Halim, MRes, dikenal dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia angkatan 2013. Mereka awalnya membuat sebuah project bernama SCRB: The Scrub Project yang berkomitmen mengutamakan kenyamanan nakes dalam bekerja meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Ide SCRB muncul dari ketidaktersediaan scrub yang layak untuk nakes yang sudah bekerja keras,” kata Hans kepada wartawan, Sabtu (19/3/2022).

Hans mengatakan latar belakang terciptanya baju scrub nakes, karena di awal pandemi belum ada baju yang bahannya nyaman untuk bergerak dan menyerap keringat. Padahal para tenaga medis atau kesehatan (nakes), baik dokter, perawat, maupun profesi di bidang kesehatan lainnya, umumnya bekerja long-hour-shift bahkan hingga lebih dari 12 jam sehari.

Aktivitas dengan intensitas tinggi, mengurus pasien dengan mobilitas tanpa batas, tentu bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, nakes berhak merasa nyaman ketika bekerja, dengan mengenakan pakaian medis scrub yang dapat mendukung performa nakes ketika bertugas.

Ada pun, penggunaan scrub di Indonesia mulai marak di kalangan nakes dari berbagai profesi selama masa pandemi.

“SCRB lahir karena kami sendiri sebagai tenaga kesehatan berhak merasa nyaman ketika bekerja,” kata Hans. 

Menurut Hans, baju scrub dapat melengkapi kebutuhan yang sering terlupakan dan dinomorduakan saat bekerja yaitu kenyamanan. Dengan terpenuhinya kebutuhan mendasar ini, dia berharap tenaga kesehatan yang berada di lapangan bisa meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien.

 “Kini nakes Indonesia mulai terbuka dengan konsep scrub yang comfortable, functional, professional, dan fashionable,” kata Hans.

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda