Kisah Asmara Devi Dja, 3 Kali Menikah Memilih Hidup Bahagia Bersama Putri Semata Wayangnya

Siska Permata Sari · Senin, 20 September 2021 - 17:14:00 WIB
Kisah Asmara Devi Dja, 3 Kali Menikah Memilih Hidup Bahagia Bersama Putri Semata Wayangnya
Kisah asmara Devi Dja, artis Indonesia yang sukses di Hollywood. (Foto: instagram)

JAKARTA, iNews.id  - Karier Devi Dja sebagai seorang penghibur di panggung-panggung kesenian sangat bersinar di era 1940 hingga 1950-an. Namun sayangnya, berbeda dengan kisah asmaranya.

Devi Dja atau yang juga dikenal sebagai Sutidjah, telah menikah tiga kali sepanjang hidupnya. Suami pertamanya adalah Willy Klimanoff atau Piedro, pendiri rombongan teater Dardanella, yang melambungkan namanya sebagai penari dan pemain sandiwara handal di masanya.

Pertemuan keduanya bermula saat Piedro melihat Devi Dja sedang mengamen bersama kakek dan neneknya. Saat itu, Devi Dja remaja sedang menyanyikan lagu Kopi Soesoe yang sedang populer. Melihat Devi Dja muda dan mendengar suara merdunya, Piedro langsung jatuh hati dan melamarnya.

Meski awalnya keluarga Devi Dja keberatan, namun akhirnya dia memilih untuk menerima pinangan Piedro dan bergabung dengan rombongan teater Dardanella. Dia bersama suami dan rombongan teaternya itu pun melanglang buana ke  berbagai kota hingga luar negeri.

Di usianya ke-17 tahun, Devi Dja beserta rombongan teater dan suaminya, berlayar untuk pentas di luar negeri. Mulai dari Singapura, China, India, Myanmar, Turki, Maroko, Perancis, hingga ke Amerika Serikat dan menetap di negara Paman Sam tersebut.

Di sana, Devi Dja tidak hanya menghelat pertunjukan-pertunjukan seni, tetapi dia dan Piedro juga membuka sebuah niteclub yang bernama Sarong Room di Chicago. Namun sayangnya, niteclub tersebut terbakar habis pada 1946. Tak lama dari itu, Piedro akhirnya meninggal dunia di Chicago pada 1952.

Sepeninggal Piedro, Devi masih sempat mementaskan kebolehannya dari panggung ke panggung. Sampai suatu hari dia bertemu suami keduanya, Acee Blue Eagle, seorang pria berdarah India. Pernikahan keduanya berlangsung singkat karena suami keduanya itu tak suka melihat Devi Dja bergaul dengan sesama masyarakat Indonesia yang tinggal di Amerika.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: