Kisah Diah Iskandar Putri Musisi Ternama Era 1960-an, Ikut Lomba Masuk Dapur Rekaman sejak Usia Belia

Siska Permata Sari · Selasa, 21 September 2021 - 13:32:00 WIB
Kisah Diah Iskandar Putri Musisi Ternama Era 1960-an, Ikut Lomba Masuk Dapur Rekaman sejak Usia Belia
Diah Iskandar dikenal sebagai penyanyi top era 1960-an, putri dari musisi ternama. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Diah Iskandar terkenal sebagai salah satu penyanyi top di era 1960-an. Sebagai seorang penyanyi, Diah tetap konsisten dalam berkarya di dunia musik hingga di usia senjanya.

Sukses sebagai penyanyi, perjalanan karier seorang Diah Iskandar terbilang cukup mulus. Bagaimana tidak, sejak kecil dia sudah mendapat bimbingan olah vokal dari ayahnya, Iskandar, yang merupakan seorang musisi ternama saat itu. 

Selain dari sang ayah, bakat menyanyi juga diasah oleh guru-guru vokalnya, yakni Surti Suwandi, Ny Rotai, dan Ny Catharina Leimena Wiriadinata. Penyanyi bernama asli Diah Komalawati Iskandar ini lalu unjuk kebolehan di berbagai lomba-lomba menyanyi saat usianya masih belia.

Di usia belasan tahun saja, Diah sudah tampil berlomba di depan umum saat Tunas Mekar RRI Jakarta merayakan ulang tahun pada 1961. Ditambah, saat itu dia juga meraih Juara II Wanita setelah Elly Kasim.

Diah Iskandar dikenal sebagai putri dari musisi ternama yang terkenal era 1960-an. (Foto: Instagram)
Diah Iskandar dikenal sebagai putri dari musisi ternama yang terkenal era 1960-an. (Foto: Instagram)

Melansir dari situs Ensiklopedia Jakarta, Selasa (21/9/2021), Diah lalu mulai tampil di stasiun televisi nasional TVRI sejak 1963. Dia juga mulai masuk dapur rekaman dan merilis album berjudul Bila Kulupa yang direkam di bawah naungan Dimita Record.

Lepas dari album perdananya itu, nama Diah Iskandar mulai melejit saat dia menyanyikan lagu Surat Undangan. Selain lagu hits Surat Undangan itu, Diah juga terkenal sebagai Connie Francis-nya Indonesia, karena memiliki gaya dan suara bak duplikat sang pelantun lagu Stupid Cupid itu.

Penyanyi kelahiran 12 Februari 1947 ini lalu menelurkan karya-karya musik lainnya. Beberapa di antaranya yaitu Sebutir Mutiara, Septet, Dihati Kekasih, dan terbaru yakni Potret Kasih yang dirilis di tahun 2013.

Album Potret Kasih tersebut dirilis saat dia berusia 66 tahun, di mana ini menjadi bukti bahwa Diah tetap eksis dan berdedikasi di dunia musik hingga di usia senjanya. Selain itu, pada  2014 penyanyi 74 tahun ini juga sempat menggelar mini konser bersama cucu-cucunya.

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel: