Kisah Srimulat, Pembela Wong Cilik dan Penghibur Masyarakat dari Panggung ke Panggung

Siska Permata Sari ยท Senin, 13 September 2021 - 12:10:00 WIB
Kisah Srimulat, Pembela Wong Cilik dan Penghibur Masyarakat dari Panggung ke Panggung
Sejarah grup lawak Srimulat tak lepas dari pendirinya Raden Ayu Srimulat. (Foto: YouTube SMC)

JAKARTA, iNews.id - Jika mendengar nama Srimulat, yang terpikir adalah grup lawak legendaris Indonesia. Grup ini, tak lepas dari sosok Raden Ayu Srimulat, perempuan ningrat yang mendirikan Srimulat bersama suaminya, Teguh Slamet Rahardjo.

Menelisik dari perjalanan hidupnya, Raden Ayu Srimulat lahir pada 7 Mei 1908. Dia adalah putri bungsu dari pasangan bangsawan Raden Mas Aryo Tjitrosoma dan Raden Ayu Sedah. Semasa kecil, Srimulat yang keturunan bangsawan, sempat bersekolah di Hollandsch-Inlandsche School (HIS), Sukoharjo, Jawa Tengah, dan Koningin Emma School di Solo.

Akan tetapi, tak sampai tuntas dalam mengenyam pendidikan, Srimulat diminta berhenti oleh ibu tirinya. Alasannya, putri ningrat dinilai tak perlu bersekolah tinggi-tinggi. Srimulat tak terima, kemudian merasa terpukul dan harus rela menjalani masa pingit seperti halnya putri-putri keraton.

Di usia yang terbilang muda, Srimulat dinikahkan oleh orang tuanya. Saat itu, baru menginjak 15 tahun, tapi dia harus menjalani hidup yang tidak mudah. Anaknya yang masih berusia 2,5 tahun meninggal dunia, disusul kepergian sang suami pertamanya. Kesedihan Srimulat makin bertambah melihat ayahnya mencari selir-selir baru.

Keadaan yang rumit, membuat Srimulat nekat kabur dari rumah. Berbekal uang seadanya, dia pergi ke Surakarta lalu ke Yogyakarta dan melamar kerja di seorang dalang kondang, Ki Tjermosugondo. Semenjak itu, dia menghibur masyarakat dari panggung ke panggung bersama dalang-dalang.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: