Mengenang Tan Tjeng Bok Aktor Serba Bisa Era 1940-an, Dijuluki Si Item 

Nandha Aprilianti · Rabu, 22 September 2021 - 08:11:00 WIB
Mengenang Tan Tjeng Bok Aktor Serba Bisa Era 1940-an, Dijuluki Si Item 
Tan Tjeng Bok dikenal sebagai aktor serba bisa era 1940-an. (foto: instagram)

JAKARTA, iNews.id - Dunia hiburan Tanah Air tercatat pernah memiliki aktor berbakat serba bisa atau multitalenta di era 1940-an. Aktor tersebut bernama Tan Tjeng Bok atau yang lebih dikenal dengan sebutan Si Item.

Awal mula Tan Tjeng Bok mencoba perutungan ialah dengan menjadi penyanyi yang nyatanya merubah kehidupannya. Pria ini dikenal sebagai seorang penyanyi yang memiliki suara santar-keras yang menghiasi keroncong Bandung di kala itu.  

Sukses sebagai penyanyi keroncong, tidak membuat ayah Tjan Tjeng Bok mendukung. Dia malah dilarang sang ayah untuk terjun ke dunia hiburan. Alhasil Tjan Tjeng Bok mencoba peruntungan lebih dengan merantau ke Jakarta, yakni tempat kelahirannya.

Tidak hanya ke Jakarta, dia mencoba peruntungan dengan ikut berpentas kesenian keliling Jawa, dan bergabung dengan Dardanella. Dardanella sendiri merupakan grup tonil (sandiwara) yang diakui secara internasional yang pernah pentas di empat benua di kala itu.  

Menjelang pendudukan Jepang, di Jakarta berdiri perusahaan bernama Java Industri Film (JIF) milik The Theng Tjoen. Bersama JIF pada1941 inilah, Tan Tjeng Bok membintangi film layar lebar pertamanya.

Diketahui, Tan Tjeng Bok sendiri pernah membintangi sepuluh judul film. Puncaknya pada 1970 sampai 1980, tak kurang dia membintangi 25 film. Antara lain Melarat Tapi Sehat (1954), Judi (1955), Peristiwa Surabaya Gubeng (1956), Badai Selatan (1960), dan Bengawan Solo (1971). Selain bermain di layar lebar, Item kerap tampil di cerita sandiwara televisi.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: