Mengintip Tren Fashion Tahun Depan di Jakarta Fashion Week 2020

Siska Permata Sari ยท Selasa, 22 Oktober 2019 - 17:46 WIB
Mengintip Tren Fashion Tahun Depan di Jakarta Fashion Week 2020

Ajang JFW 2020 mulai dibuka. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id - Perhelatan pekan mode Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 baru saja resmi dibuka di area Fashion Tent, Senayan City, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019). Perhelatan JFW 2020 akan diselenggarakan di Senayan City pada 22-28 Oktober 2019.

Jakarta Fashion Week 2020 akan menjadi parameter mode di tahun depan. Pasalnya, di pekan mode ini akan ada 270 label dan desainer yang terlibat. Tak hanya nasional, tetapi juga internasional.

Chairwoman JFW Svida Alisjahbana mengatakan, Jakarta Fashion Week akan dibuat semakin spesial setiap tahunnya. Apalagi mengingat tahun ini adalah 40 tahun perjalanan lomba perancang mode untuk terus meregenerasi desainer-desainer muda.

"Jakarta Fashion Week akan menjadi tempat munculnya koleksi. Di sini kita bisa melihat landscape fashion Indonesia yang semakin membanggakan dan sekarang brand Indonesia mempunyai tempat," kata Svida Alisjahbana di Opening Ceremony Jakarta Fashion Week 2020, Senayan City, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019).

Dia mengungkapkan, hal tersebut sangat jauh berbeda dengan kondisi industri fashion Indonesia 10 tahun lalu. Sebab sekarang, brand-brand lokal telah menjadi tuan rumah di rumah sendiri.

"JFW kan untuk menangkap fashion trend tahun depan, sehingga kalau datang ke JFW, bisa melihat seperti apa itu fashion di tahun depan," tutur Svida.

Di tahun ini, pihak JFW menyebut ada sekira 2.800 koleksi. Beberapa nama desainer dan label yang meramaikan fashion show adalah Toton, Peggy Hartanto, BYO, Major Minor, Sean Sheila, Danjyo Hiyoji, Rani Hatta, dan PVRA.

Selanjutnya ada Novita Yunus, Friederich Herman, Bateeq, ATS The Label, Cotton Ink, Monday to Sunday, Day And Night, Jenahara, dan masih banyak lagi. Beberapa desainer nasional lainnya juga ada Oscar Lawalata, Sejauh Mata Memandang, Natalia Kiantoro, Rama Dauhan, Diniira, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, ada juga beberapa mitra internasional yang turut memperkaya perhelatan JFW tahun ini, yakni British Council, Japan Fashion Week Organization, Korea Model Association, Korea Creative Content Agency, dan Tunis Fashion Week.

Tak hanya diwarnai oleh ratusan label dan desainer, tahun ini JFW juga mempersembahkan sebuah aplikasi khusus. Di aplikasi tersebut, Anda bisa melihat jadwal lengkap sekaligus booking untuk menghadiri fashion show di JFW 2020.

Editor : Tuty Ocktaviany