Mulan Jameela Ditegur KPK terkait Postingan Kacamata, Begini Reaksi Krisdayanti

Starpro, MNC Media ยท Minggu, 20 Oktober 2019 - 21:13 WIB
Mulan Jameela Ditegur KPK terkait Postingan Kacamata, Begini Reaksi Krisdayanti

Mulan Jameela sempat ditegur KPK gara-gara postingan kacamata. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id – Mulan Jameela belum lama ini mendapat peringatan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kiriman kacamata Gucci. Postingannya tersebut sempat menimbulkan kontroversi dan menjadi pembicaraan netizen.

Menanggapi hal itu, Krisdayanti angkat bicara bahwa pejabat negara sangat diharapkan tidak menerima gratifikasi.

“Pasti kita memiliki rules, aturan bahwa yang pantas kita terima, yang cakap kita terima. Dan, alhamdulillah semoga saja tidak pernah ada teguran untuk saya masalah pekerjaan ini,” kata Krisdayanti kepada Starpro, MNC Media, usai menghadiri pelantikan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Beruntung, Krisdayanti belajar banyak hal saat kampanye.

“Ya, mempelajari apa yang bisa menjadi teguran karena gratifikasi dari semenjak kampanye. Kita sebaiknya lebih hati-hati,” katanya.

Seperti diketahui, Mulan Jameela ditegur Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bermula dirinya mengunggah foto kacamata dengan merek Gucci di akun Instagram pribadinya pada Kamis 17 Oktober 2019. Dalam postingannya, Mulan mempromosikan sebuah online shop yang memberi kacamata Gucci tersebut.

"Bismillahirrahmanirrahim...Terimakasih @jakarta_eyewear ngirim kacamata sebagus ini, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eyewear ya," tulisnya.

Dalam captionnya, Mulan menuliskan tagar @paidpromote yang menjelaskan bahwa produk tersebut merupakan endorsement.

Postingannya itu, langsung mendapatkan peringatan dari Wakil Ketua KPK Saut Situmorang yang mengatakan bahwa penyelenggara negara harus jauh dari konflik kepentingan, serta norma dan etika pejabat publik yang harus diperhatikan. Saut mengingatkan aturan bagi pejabat untuk menolak atau melaporkan segala bentuk pemberian dari pihak lain kepada KPK.

Mulan Jameela pun langsung memberikan klarifikasi melalui akun Instagramnya. Dia menjelaskan bahwa postingan itu adalah paid promote seperti tertulis dalam tagarnya yang diterima oleh admin.

"Postingan di atas adalah paid promote yang diterima admin saya dan dia posting dengan caption tanpa di-filter. Dan, kemarin sudah saya perbaiki caption-nya agar tidak terjadi kesalahpahaman," tulis Mulan Jameela, Jumat 18 Oktober 2019.

Mulan juga menegaskan bahwa dia tidak menerima produknya sama sekali. Dia juga sempat memperbaiki caption di postingan agar tidak terjadi salah paham.

"Jadi, saya tidak menerima produknya sama sekali," tulisnya.

Setelah memberikan klarifikasi, Mulan memutuskan untuk menghapus postingan tersebut. Dia menceritakan bahwa pihak online shop meminta menghapus demi kenyamanan bersama untuk semua pihak.

"Online shop yang berkaitan dengan paid promote kacamata, meminta saya untuk menghapus paid promote tersebut demi kenyamanan semua pihak," tulisnya, seperti dikutip dari Insta Storynya.

Di akhir postingan klarifikasinya, Mulan Jameela menjelaskan bahwa terjadi kesalahan input pada admin yang mengunggah di akun Instagramnya. Dia mengucapkan terima kasih kepada Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dan menjadikan hal ini sebagai pelajaran untuk semua pihak.

"Alhamdulillah saya sudah klarifikasi bahwa postingan itu terjadi kesalahan input caption yang sudah dikirim oleh pihak online shop tanpa admin atau pihak saya filter terlebih dahulu. Dan Insyaallah saya beserta Partai Gerindra akan selalu menjaga kebersihan dari korupsi," tulisnya.

Editor : Tuty Ocktaviany