Percaya Ramalan atau Prediksi? Ini Perbedaannya

Dani M Dahwilani · Rabu, 10 Agustus 2022 - 05:44:00 WIB
Percaya Ramalan atau Prediksi? Ini Perbedaannya
Banyak yang bingung mengenai ramalan dan prediksi, ini perbedaan keduanya. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Ada ramalan dan prediksi. Apa perbedaan keduanya? Ramalan adalah pernyataan tentang bagaimana seseorang di masa depan. Biasanya mengacu pada nama lengkap, zodiak, weton, hari lahir, tanggal lahir, horoskop, tarot dan lainnya. 

Seolah-olah itu nanti benar-benar akan terjadi. Padahal, jodoh dan rezeki adalah rahasia Tuhan.

Efek mempercayai ramalan ragu mengambil keputusan, kurang percaya diri, tidak semangat dan bisa membuat hubungan renggang. Sebab itu, sejumlah Agama melarang mempercayai ramalan atau mendatangi peramal. 

Sementara itu, prediksi adalah "memperkirakan" berdasarkan pengalaman, pengamatan dan pengetahuan. Prediksi tidak bisa secara otomatis melihat kehidupan seseorang. 

Data adalah bagian terpenting dari setiap prediksi. Semakin banyak data yang ada, semakin baik hasil prediksi. 

Contoh seperti Instagram Ridhologi, yang membuka jasa unik yang memprediksi tentang hubungan. Terkait kesetiaan dan karakter pasangan berdasarkan data dan keterangan. "Apakah pasangan selingkuh atau tidak, prediksi ini banyak diminati," kata Ridhologi.

Sebenarnya setiap orang bisa melakukan prediksi. Berdasarkan pengalaman, pengetahuan dan meningkatkan fokus konsentrasi mengamati. Mirip seperti memprediksi pertandingan bola atau cuaca.

Ada pepatah "Sisakan sedikit rasa curiga kepada pasanganmu, karena yang sempurna itu sulit dicari. Kecuali pikiran dan hati yang membuta"

Perbedaan paling mendasar antara prediksi dan ramalan, yaitu prediksi berdasarkan logika pengetahuan, sedangkan ramalan berdasarkan kemampuan psikis atau makna. 

Macam-macam ramalan

Ramalan Tarot

Ramalan ini adalah peramalan menggunakan kartu tarot. Setiap kartu memiliki makna tersendiri yang bisa dikaitkan dengan nasib, jodoh dan keuangan. Kartu tarot awalnya digunakan untuk permainan bukan peramalan.

Garis Tangan

Ramalan garis tangan dilakukan dengan melihat garis-garis yang ada di telapak tangan. Ini biasanya dikaitkan dengan masa depan seseorang. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda